3 Cara Memilih Program Televisi yang Mendidik, Baik untuk Anak

Memilih program televisi yang mendidik dan baik untuk anak tidaklah mudah. Kejelian dan wawasan orang tua sangat berperan dalam hal ini. – ide.News

Seperti kita tahu bahwa saat ini, televisi sudah bukan lagi suatu barang yang baru. Bahkan kondisi terbaru, hampir setiap keluarga memiliki satu buah atau bahkan lebih, televisi di rumah mereka.

Hal tersebut menunjukkan betapa populernya televisi sebagai media elektronik yang mampu menghibur masyarakat. Program-program yang disuguhkan mulai dari berita, hiburan sampai film pun selalu menampilkan sisi dinamis dan seperti tak pernah kehabisan ide.

Banyaknya program televisi yang ditayangkan membuat kita sebagai pemirsa dituntut untuk cerdas dalam memilih. Sebab tidak sedikit program televisi yang tidak diperuntukkan bagi anak-anak.

Kecerdasan orang tua dalam memilih tayangan televisi pun diuji. Bagaimana orang tua memantau kegiatan anak saat menonton televisi adalah hal yang cukup penting.

Tips Memilih Program televisi yang Mendidik dan Baik untuk Anak di Rumah

memilih program televisi yang mendidik
memilih program televisi yang mendidik

Anda tidak perlu memprotes stasiun televisi untuk tidak menayangkan program-program yang Anda anggap tidak baik untuk anak, bukan? Namun setidaknya Anda bisa mengusahakannya dengan mengawasi anak Anda saat berada di depan televisi.

Berikut akan kami ulaskan lebih jauh tentang bagaimana cara memilih tayangan / program televisi yang mendidik dan baik untuk anak.

1. Atur waktu terbaik yang Anda izinkan untuk anak menonton televisi.

Anda tentu tidak mau jika tiba-tiba menyalakan televisi untuk menonton acara favoritnya sementara saat itu jam shalat atau jam belajar, bukan? 

Itulah pentingnya memberikan aturan tentang jam-jam dimana sang anak diizinkan untuk menonton televisi.

Berilah kesempatan bagi anak untuk memilih waktunya sendiri kapan ia boleh menonton televisi. Namun tegaskan padanya bahwa Anda mengijinkannya menonton televisi hanya jika ia sudah mengerjakan tugas atau jam belajarnya telah lewat.

2. Batasi waktu nya

Setelah Anda mengizinkan anak Anda untuk menonton televisi di jam-jam tertentu, maka Anda juga perlu membatasi waktunya. Buatlah kesepakatan dengannya, berapa lama ia berada di depan televisi.

Jika biasanya Anda sekeluarga menonton televisi pada malam hari, Maka Anda harus benar-benar tegas dalam membatasi waktu menonton televisinya.

Bujuklah anak untuk mempertimbangkan, bahwa besok ia harus kembali ke sekolah atau hal lain yang harus dia kerjakan.

3. Dampingi ia dan kontrollah penggunaan remote

Bila perlu dampingi ia selama menonton televisi. Kendalikan penggunaan remote di tangan Anda. Hal tersebut agar ia tidak melanggar dan menyepelekkan kesepakatan dengan Anda.

Pastikanlah selalu oleh Anda bahwa ia menonton program televisi yang bermanfaaat untuknya. Bila perlu Anda sambil menambahkan cerita menarik tentang tayangan yang sedang dilihatnya.

Jangan biarkan ia mengubah program channel yang tidak menambah sedikitpun pengetahuan baginya.

Demikianlah artikel tentang cara memilih tayangan televisi tyang baik untuk anak. Semoga dengan ketiga cara diatas dapat membantu Anda dalam usaha memilihkan tayangan yang terbaik untuk anak Anda. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *