Tips Memilih Minuman Anak-Anak yang Baik dan Sehat

Memilih minuman anak-anak yang sehat itu sangat penting. Dianjurkan bagi Anda sebagai orang tua untuk memahami setiap asupan untuk si buah hati. – ide.news

Saat ini telah banyak minuman kemasan dengan baerbagai merek dan harga yang beredar di pasaran. Dengan sasaran produk yang juga beragam. Bahkan tidak sedikit minuman kemasan yang sasarannya adalah anak-anak. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis minuman kemasan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Sehingga orang tua harus ikut berperan dalam memilihkan minuman kemasan yang sehat untuk anak mereka.

Banyaknya jenis minuman yang saat ini terpajang di toko-toko dan minimarket membuat kita sulit untuk memilih mana yang aman dan mana yang tidak. Oleh karena itu, Anda harus tahu minuman apa saja yang memang tidak coocok dikonsumsi oleh anak-anak Anda secara berlebihan.

Jenis minuman anak-anak yang aman dan tidak untuk dikonsumsi anak-anak

minuman anak
Memilih minuman anak

1. Minuman bersoda

Minuman dengan soda / minuman berkarbonasi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Pasalnya kandungan karbohidrat dan gulanya yang sangat tinggi pada minuman ini. hal ini dapat menyebabkan gejala obesitas / berat badan berlebih.

Selain itu, minuman berkarbonasi juga dapa mengurangi kandungan kalsium pada tubuh. Menyebabkan pengeroposan tulang dan kerusakan gigi. Oleh karenanya minuman bersoda tidak baik untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

2. Teh kemasan

Perlu kita ketahui bahwa kebanyakan teh kemasan yang dijual di pasaran mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Dengan kandungan gula mencapai 21 gram per 250 ml teh kemasan.

Teh kemasan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena di dalamnya terdapat zat tannin. Zat tannin adalah zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh. Jika zat ini dikonsumsi secara terus menerus akan berpotensi menyebabkan gejala anemia pada anak.

Disamping itu, teh kemasan juga mengandung kafein yang tinggi. Yang mana dapat mengganggu syaraf otak anak bahkan sampai pada kerusakan ginjal.

Sebagai alternatifnya Anda bisa membuatkannya teh celup atau teh tubruk hangat di rumah untuknya. Karena teh celup / tubruk lebih aman untuk dikonsumsi dengan kandungan gula yang bisa Anda atur sendiri. Sehingga bisa disimpulkan bahwa, minuman anak jenis teh buatan sendiri lebih direkomendasikan.

3. Jus buah kemasan

Siapa bilang jus buah kemasan sepenuhnya baik untuk anak. Ada hal-hal tertentu yang membuat jus buah kemasan berbahaya untuk kesehatan anak. Diantaranya yaitu zat gula yang cukup tinggi. Hampir sama besar dengan minuman bersoda. Dengan kandungan gula yang mencapai 115 kalori per 250 ml kemasan.

Banyak mengkonsumsi gula secara terus menerus dapat menyebabkan diabetes. Sementara kandungan asamnya dapat merusak enamel gigi.

Alternatifnya Anda bisa membuatkannya jus buah sendiri di rumah. Dengan begitu jus buah buatan sendiri lebih terjamin sebagai minuman anak-anak.

4. Minuman probiotik

Minuman probiotik terbuat dari susu fermentasi yang berfungsi untuk membunuh bakteri parasit yang ada pada usus.

Minuman anak prebiotik ini boleh dikonsumsi oleh anak. Minuman jenis ini sangat bermanfaat dan  berfungsi untuk membantu memerangi bakteri dalam usus. Sehingga secara langsung dapat membantu mnambah nafsu makan anak.

5. Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu jenis minuman anak-anak dengan sumber kalsium tinggi. Dengan kandungan gula rendah yakni sekitar 200 ml. Meskipun setiap merk yogurt kemasan berbeda-beda kandungan kalsiumnya namun sebaiknya pilihlah yogurt dengan kandungan kebutuhan kalsium 15-35% per harinya.

Mengingat yogurt di pasaran bermacam-macam. Dengan kandungan gula dan kalsium bermacam. Akan lebih sehat jika Anda membelikannya yoghurt tawar yang kemudian bisa Anda tambahkan sedikit madu atau potongan buah segar.

Nah itulah tips memilih minuman anak-anak yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *