Benarkah Merebus Air Matang Berbahaya? – Baca Penjelasannya !

Tidak sedikit dari kita yang terbiasa merebus air matang. Saya juga beberapa kali memanaskan / memasak ulang air yang sudah matang. Merebus kembali air mineral untuk menyeduh kopi, merupakan hal yang paling sering saya lakukan. Bahkan beberapa kali untuk meyeduk mie. – ide.News

Selama ini mungkin Anda adalah salah seorang yang penasaran dan bertanya-tanya mengenai apa yang akan terjadi jika memasak ulang air minum yang sudah matang. Atau apakah berbahaya merebus air matang kembali untuk menyeduh kopi, teh, dan membuat mie rebus.

Umumnya orang memasak kembali air matang yang dingin karena ingin mendapati air panas guna menyeduh kopi atau teh.

Lalu jika kasusnya air mineral, bolehkah air mineral dimasak lagi? Sebetulnya air minum baik yang mineral ataupun yang bukan tidak menyebabkan keracunan seperti yang ramai diperbincangkan orang.

Penjelasan singkatnya adalah air yang sudah mendidih maupun  yang masih mentah memiliki kandungan H2O dan zat ini tidak akan menjadi racun meskipun dipanaskan berkali-kali.

Bahayakah Memasak Ulang / Merebus  Air Matang?

merebus air matang
merebus air matang

Menurut kabar yang santer beredar, bahwa air yang sudah mendidih yang dipanaskan lagi akan mengandung senyawa kimia berupa arsenik, nitrat dan fluoride. Pada hakikatnya ketiga unsur kimia tersebut akan berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh.

Penjelasannya sebagai berikut.

a. Arsenik

Kandungan arsenik yang jika masuk ke dalam tubuh akan dapat berdampak pada gangguan pencernaan, kerusakan kulit, hingga kanker. Bahkan meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit

b. Nitrat

Sementara kandungan nitrat merupakan suatu zat yang akan berubah menjadi racun jika terkena suhu panas yang tinggi. Saat nitrat terkena suhu panas yang tinggi maka akan berubah menjadi nitrosamine, yang mana senyawa nitrosamine tersebut memiliki sifat karsigonetik (penyebab kanker). 

c. Fluoride

Dan kandungan fluoride yang ada pada air minum yang masuk ke dalam tubuh akan dapat menyebabkan lemahnya perkembangan otak terutama pada anak-anak.

Nah, jadi intinya bagaimana merebus air matang itu?, berbahaya atau tidak?

Berdasarkan hasil wawancara salah satu media online Indonesia, detikcom dengan Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono hal tersebut tidak lah benar.

Agus Haryono mengatakan bahwa hal tersebut memang bisa saja terjadi namun sangat kecil kemungkinannya. Air yang dipanaskan tidak akan berubah menjadi racun seperti zat-zat di atas. Jika memang tidak ada campuran apapun yang ada pada wadah atau media yang digunakan untuk memanaskan air tersebut.

Sementara itu kandungan H2O air putih tidaklah berbahaya jika dipanaskan berkali-kali. Terlebih jika tidak ada zat pereaksinya. Oleh karenanya mustahil akan menjadi penyebab racun tanpa adanya penambahan reaksi apapun.

Sehingga kesimpulannya merebus air terlalu lama ataupun merebus air matang tidak akan menjadi masalah.

Namun harus diingat bahwa jika air terlalu lama dimasak, maka volume air tentu lama kelamaan akan berkurang dan habis. Sementara air yang sudah matang  dan dimasak/dipanaskan tidak akan berbahaya selama tidak ada campuran lain. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi mempersoalkan hal itu.

Demikianlah uraian singkat tentang dampak memasak air terlalu lama / merebus air matang yang bisa kami berikan. Semoga dengan uraian diatas Anda mendapatkan wawasan yang lebih baik dan tidak asal percaya tanpa ada kajian ilmiah lebih jauh. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *