5 Tips Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur & Tidak Layu

Berbicara mengenai cara merawat tanaman atau bunga di sekitar rumah, merupakan suatu hal yang menarik. Bagaimana tidak mengingat tujuan diberinya tanaman pada area taman memang semata-mata agar rumah terlihat lebih sejuk dan indah.

Namun demikian untuk mendapatkan kesejukkan yang maksimal dari tanaman-tanaman tersebut, diperlukan sentuhan perawatan yang serius dari Anda.

Jangan biarkan tanaman yang sudah Anda tanam di area rumah/taman Anda, menjadi sia-sia dan tidak berkesan apa-apa. Sebaliknya berikanlah waktu terbaik Anda untuk merawatnya. 

Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana cara merawat tanaman atau bunga agar tidak layu, tetap subur dan tumbuh dengan baik.

Selain itu jika Anda menanam tanaman jenis lain di area taman, sebaiknya carilah juga referensi tentang bagaimana cara merawat  tanaman jenis tersebut agar tumbuh subur. Pada artikel kali ini, ide.News memberikan tambahan referesi untuk Anda terkait cara merawat tanaman yang baik dan benar. 

Simak ya..

Cara Merawat Tanaman atau Bunga Agar Tumbuh Subur

1. Pastikan tanaman / bunga terkena matahari

merawat tanaman dengan sinar matahari
Merawatan tanaman juga wajib memikiran sinar matahari

Merawat tanaman juga wajib memperhitungkan asupan sinar matahari. Sinar matahari berguna untuk membantu proses fotosintesis. Jika Anda menginginkan bunga dan tanaman di area taman Anda tumbuh dengan baik, sebaiknya lakukan pemeliharaan dengan memperhatikan penempatannya. 

Usahakan agar bunga dan tanaman Anda bisa terkena sinar matahari dengan cukup baik.
Sinar matahari berperan besar dalam menjadikan tumbuh kembang bunga dan tanaman lebih baik. Jadi jangan sepelekan hal-hal semacam itu ya..

2. Siramilah secara rutin

menyiram tanaman bunga
Merawat tanaman dengan cara meyiraminya dengan rutin

Menyiram tanaman  atau bunga merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Ini bagian yang harus konsisten dilakukan dalam merawat tanaman. Terlebih untuk tanaman yang sering terkena matahari langsung setiap hari.

Untuk yang sering terkena sinar matahari, lakukanlah penyiraman setiap 2 kali sehari (pagi dan sore) agar tanaman bisa terjaga nutrisinya.

Namun yang perlu Anda ingat juga, bahwa untuk tanaman bunga dalam pot yang Anda letakkan di teras rumah atau tempat teduh lainnya, cukup dengan disemprotkan air secukupnya saja.

Agar tanaman tidak layu dan gugur. Namun justru akan terlihat fresh. Penyiraman dengan terlalu banyak air akan membuat tanaman bunga mati karena kelebihan air.

Penting untuk diketahui. Anda harus memahami karakter tanaman / bunga tersebut. Masing-masing tanaman membutuhkan porsi penyiraman yang berbeda-beda.

Ada yang membutuhkan penyiraman air dalam porsi yang banyak, ada juga yang tidak boleh menyiram dengan terlalu banyak air.  

Penyiraman terbaik adalah yang tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Perlu diketahui bahwa ada jenis tanaman yang justru ketika disirami air dalam jumlah sedikit, daunnya langsung layu.

Ini bisa disiasati, selama media tanam yang digunakan masih bagus. Artinya ketika air disiramkan, air tersebut bisa cepat meresap dan terbuang ke bagian bawah media / pot. Dengan menjaga kondisi media tetap bagus, maka masalah kelebihan dalam penyiraman air bisa diminimalisir.

3. Pupuklah dengan benar dan teratur

merawat tanaman dengan pupuk
merawat tanaman dengan pupuk terbaik

Merawat tanaman wajib memikirkan pupuknya. Pupuk memilki peran penting dalam tumbuh kembang tanaman atau bunga itu sendiri. Oleh karenanya, jangan sepelekan pemberian pupuk pada tanaman bunga Anda.

Hal itu juga perlu diterapkan terhadap tanaman bunga dalam pot Anda. Segera tambahkan pupuk jika sudah banyak berkurang karena terbawa air hujan atau menguap.

Catatan penting terkait pola pemupukan. Ketika Anda kelebihan dalam memberikan pupuk, tanaman tersebut bukannya subur, namun bisa gosong terbakar. Oleh karena itu, gunakan prinsip ini, lebih baik kuran pupuk sedikit, daripada kelebihan pupuk. Apalagi jenis pupuk kimia, Anda wajib membaca aturan pakai dengan teliti.

4. Pangkasklah cabang dan daun-daun yang layu secara rutin

merawat tanaman dengan pemangkasan
merawat tanaman dengan melakukan pruning

Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan saat merawat tanaman adalah pemangkasan atau pruning. Pemangkasan tanaman atau bunga bisa menjaga kesuburan dan keindahannya. 

Dengan pruning yang baik, daun-daun baru akan terstimulus untuk tumbuh kembali. mudah terpancing untuk bersemi. Selain itu, pruning juga akan menjaga tampilan tanaman atau bunga Anda lebih enak untuk dilihat.

Pangkaslah bagian daun yang sudah teralu rimbun, agar tidak mengganggu pemandangan bunga yang ada. Termasuk bagian yang harus juga dibersihkan adalah bagian tanaman seperti batang, ranting, dan daun yang layu. Bersihkan juga area bagian bawah tanaman tersebut dari rumput-rumput liar ataupun sampah lainnya.

5. Usahakan menaruh pot tanaman / bunga dengan jarak yang tidak terlalu dekat

merawat tanaman dengan memberi jarak antar pot
Memberi jarak antar pot agar tanaman bebas bertumbuh

Usahakan untuk mengatur penempatan pot tidak terlalu berdekatan. Hal itu berguna agar tanaman bunga Anda memiliki ruang gerak untuk tumbuh yang cukup luas. Sehingga dengan demikian Anda bisa mendapatkan tanaman bunga yang tumbuh dengan baik dan sehat.

Demikianlah artikel tentang cara merawat tanaman atau bunga di taman rumah Anda. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *