5 Langkah dan Cara Jitu Menguras Kolam Ikan dengan Mudah

ide.news. Menguras kolam ikan yang berukuran lebih besar dari akuarium memang seringkali merepotkan. Serta memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Berbagai hal mulai dari bagaimana menguras air kolam sampai dengan memeliharanya agar ikan yang ada didalamnya tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Lalu bagaimana cara membuat air kolam ikan tetap jernih? Dan seperti apa cara menguras kolam ikan yang baik dan benar?

Menguras kolam ikan sama halnya membersihkan aquarium. Tentu memerlukan peralatan yang hampir sama, diantaranya yaitu: ember/bak, gayung, pembersih, dan selang air.

Peralatan tersebut berguna untuk memudahkan Anda dalam mengefektifkan pengurasan kolam ikan Anda. Sehingga nantinya kolam ikan Anda tidak hanya akan bersih dari kotoran yang ada namun juga nasib ikan Anda akan terus terjaga keberlangsungan hidupnya.

5 Cara jitu menguras kolam ikan yang bisa Anda praktekkan di rumah

Sebetulnya cara mmenguras kolam ikan tidak sebatas soal membersihkan kolam ikan dari kotoran-kotoran saja. Namun lebih dari itu tentang bagaimana cara menjernihkan air kolam ikan yang keruh juga seringkali penting untuk diperhatikan. Berikut akan kami ulas cara terbaik dalam menguras kolam ikan.

1. Tentukan waktu terbaik menguras kolam ikan

Waktu terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk menguras kolam ikan adalah pada pagi hari. Dimana pada pagi hari, apabila cuaca terang maka matahari akan muncul. Sinar matahari bisa dimanfaatkan  untuk mengeringkan kolam ikan serta menghilangkan bau tak sedap secara alami dari kolam.

Anda bisa memanfaatkan pompa penguras untuk mempercepat pengurasan kolam ikan Anda. Jangan lupa siapkan segala perlengkapan lain seperti ember besar atau bak yang sudah terisi air yang cukup guna tempat penampungan sementara ikan Anda.

2. Pindahkan tumbuhan air dalam kolam

Setelah air dirasa sudah cukup berkurang untuk bisa memudahkan pemindahan ikan dari kolam ke penampungan sementara sebaiknya pindahkan juga tumbuhan-tumbuhan di kolam ikan Anda.

Pindahkan tumbuhan air tersebut terlebih dahulu guna memudahkan proses kerja Anda. Jika tumbuhan kolam dibiarkan tetap berada ditempatnya tentu akan menyulitkan Anda dalam melakukan pengurasan.

3. Pindahkan ikan saat air sudah mencapai 10-20 cm dari dasar kolam

menguras kolam ikan
Persiapan sebelum memindahkan ikan saat Menguras Kolam Ikan

Hal ini penting agar ikan Anda masih bisa bertahan dan tidak stress dengan sisa air yang ada. Terlebih lagi jika jumlah ikan yang harus Anda pindahkan cukup banyak maka akan butuh waktu lebih lama dan tenaga ekstra untuk memindahkannya.

Jika Anda kesulitan dalam memindahkan ikan dengan peralatan seadanya sebaiknya manfaatkan jaring ikan. Hal itu akan mempermudah Anda dalam memindahkan ikan serta akan mengefisienkan waktu kerja Anda.

4. Biarkan kolam ikan mengering dan terkena sinar matahari

Setelah kolam ikan selesai dikuras selanjutnya Anda bisa membiarkan kolam ikan Anda terkena sinar matahari langsung.

Sehingga dengan demikian kondisi kolam akan berubah dan matahari yang bersinar berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap kolam ikan Anda.

5. Isi kolam ikan dengan air bersih dan kembalikan tatanan kolam seperti semula.

Jika langkah-langkah sebelumnya sudah Anda lakukan, maka yang terakhir adalah Anda bisa kembali mengisi kolam ikan Anda dengan air serta ikan Anda sperti semula.

Pastikan Anda menggunakan air yang bersih dan jernih untuk mengisi kolam ikan Anda kembali agar nantinya ikan Anda terjaga kesehatannya.

Demikianlah cara menguras kolam ikan yang mudah yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *