Cara Mengganti Lampu Rumah dengan Aman

Mengembalikan sumber cahaya kamar memang penting. Namun, mengetahui cara mengganti lampu rumah yang aman juga tidak kalah penting. – ide.News

Anda mungkin pernah mengalami ketika tiba-tiba lampu rumah Anda mati. Tiba-tiba putus atau mungkin terkena sesuatu yang membuatnya pecah.

Hal tersebut tentu sangat menyebalkan bagi Anda karena berarti Anda harus mengganti lampu yang putus tadi.

Sementara mungkin Anda belum pernah melakukannya sebelumnyaa sehingga Anda kebingungan bagaimana cara memasang bola lampu rumah yang mati.

Yang harus Anda utamakan dalam mengganti lampu rumah adalah keselamatan Anda. Lakukan prosedur mengganti lampu yang baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda harus ingat bahwa sumber listrik dalam hal ini saklar dan kabel harus benar-benar Anda perhatikan.

Prosedur dan cara mengganti lampu rumah dengan aman

mengganti lampu rumah
mengganti lampu rumah/pinterest.com

1. Perhatikan spesifikasi lampu dan tegangan listrik rumah Anda

Salah satu bentuk perhatian terhadap keamanan Anda dalam mengganti lampu di rumah adalah dengan memperhatikan tegangan yang ada di rumah Anda. Belilah lampu dengan menyesuaikan tegangan yang ada di rumah Anda.

Seperti misalnya lampu jenis apa yang digunakan di ruangan Anda. Jika Anda ingin mengganti lampu neon yang panjang maka Anda harus mengerti spesifikasi dan cara memasang lampu neon panjang yang benar. 

Karena akan sangat berbahaya jika Anda tidak mmperhatikan hal tersebut. Selain itu jika daya dan tegangan lampu tidak diperhatikan maka akan berpengaruh juga terhadap daya penerangan lampunya.

Jika daya terlalu kecil maka lampu akan cukup redup, namun jika tegangan teralu besar maka lampu juga akan menyala sangat terang dan nantinya akan rentan putus lagi.

2. Pastikan saklar dalam posisi off

Penting untuk diingat bahwa sebelum Anda memasang/mengganti lampu adalah Anda harus memastikan posisi saklar mati/off. Karena selain aliran arus listrik yang bisa membahayakan Anda. Lampu juga akan mudah putus karena secara tiba-tiba teraliri arus listrik.

Jika saklar lampu yang ingin Anda ganti berada jauh dari lampu dan sulit diawasi oleh Anda, Anda bisa memasang stiker peringatan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada orang lain yang hendak menghidupkan saklar sementara Anda sedang mengganti lampunya.

3. Perhatikan prosedur memegang lampu yang benar

Saat Anda mengganti lampu rumah yang mati tentu Anda harus melepas lampu yang mati sebelumnya dari fitting. Berhati-hatilah dalam melepas lampu yang mati. Karena bisa jadi masih dalam kondisi panas akibat teraliri arus listrik cukup lama. Pastikan lampu dalam keadaan dingin dan aman untuk dilepas.

Perhatikan cara melepas lampu. Peganglah pada bagian badan lampu dan hindari memegang lampu pada bagian kacanya. Putar secara perlahan dengan tetap mencengkeram kuat agar tidak sampai lepas dari genggaman Anda dan jatuh.

4. Pasanglah lampu dengan tidak terlalu kencang

Penting untuk diperhatikan tentang cara mengganti lampu rumah adalah ketika memasang lampu baru. Hindari memasang lampu dengan putaran yang terlalu kencang. Putaran yang terlalu kencang dapat menyebabkan kerusakan pada ulir fitting.

Dan celakanya bisa menyebabkan lampu Anda putus lagi. Biasanya lampu sudah terpasang dengan cukup baik sebelum benar-benar tidak bisa diputar/menthok.

5. Nyalakan saklar

Setelah prosedur diatas sudah Anda lakukan, saatnya untuk mengetes nyala lampu dengan menghidupkan saklarnya. Jika prosedur pemasangan Anda benar maka bisa dipastikan lampu akan menyala kembali dengan normal.

Namun jika ada kendala lampu tidak bisa menyala maka kemungkinan ada kerusakan pada lampu yang Anda beli atau pada fittingnya. Jika Anda tidak bisa mengatasinya sendiri Anda bisa meminta bantuan tukang/tetangga yang ahli masalah tersebut.

Demikain prosedur dan cara mengganti lampu rumah dengan aman yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *