Cara Praktis Mengatasi Tembok Rembes di Rumah Sendiri

Mengetahui cara mengatasi tembok rembes sangat diperlukan. Masalah tembok yang lembab dan rembes adalah umum terjadi di rumah hunian.

Rumah merupakan salah satu bagian penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dimana rumah merupakan tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan. Oleh karenanya memiliki rumah yang aman dan nyaman dari gangguan apapun merupakan dambaan setiap orang.

Seperti kita tahu bahwa permasalahan yang terjadi pada sebuah rumah sangat beragam. Mulai dari interior sampai dengan eksterior. Seperti misalnya pada tembok yang sering mengalami rembes.

Tembok yang rembes tidak semata-mata berasal dari kesalahan air hujan saja. Namun juga dipengaruhi oleh konstruksi tembok tersebut ketika dibangun. Sehingga penting bagi Anda untuk mempertimbangkan komposisi tembok rumah yang Anda bangun.

Tips mengatasi tembok rembes berdasarkan penyebab yang ditimbulkan

Bagaimana cara mengatasi tembok yang sering rembes? Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi tembok rembes jika penyebabnya beragam.

cara mengatasi tembok rembes dengna praktis
cara mengatasi tembok rembes dengna praktis

Kita akan bahas terlebih dahulu tentang penyebab tembok sering rembes, sekaligus cara mengantisipasi dan mengatasinya.

1. Tembok rembes disebabkan oleh air hujan

Hujan seringkali menjadi penyebab utama tembok rumah mengalami rembes. Bahkan bisa menyebabkan seisi rumah basah jika tidak segera diatasi.

Tembok yang rembes pada awalnya disebabkan oleh tembok yang mengalami retak sehingga Anda juga harus memikirkan tentang bagaimana mengatasi tembok retak. Baik retakan kecil maupun yang sudah cukup parah, keduanya sama-sama berpotensi menyebabkan tembok rembes.

Oleh karenanya jika Anda berniat membangun rumah atau membelinya pastikan tembok rumah terbuat dari bahan yang bagus. Jika tidak maka Anda akan direpotkan dengan berbagai perlakuan waterproofing untuk tembok Anda.

Cara mengatasi tembok rembes yang disebebkanoleh air hujan, adalah dengan melakukan perawatan rutin. Anda wajib cek kondisi tembok secara berkala. Umumnya satu tahun sekali.

Lapisi tembok bagian luar rumah Anda dengan waterproofing sebelum musim hujan tiba. Pekerjaan pelapisan waterproofing bisa bisa dikerjakan sendiri. Jika ditemukan ada keretakan lumayan dalam, jangan ragu untuk menambal dengan water guard terlebih dahulu, baru dilapisi waterproofing.

2. Tembok bagian luar yang belum diplester

Biasanya tembok rembes juga disebabkan oleh tembok bagian terluar yang belum di plester. Tembok yang belum diplester biasanya akan mudah mengalami kebocoran karena komposisi penyusun tembok yang mudah menyerap air masuk kedalam rumah.

Cara mengatasi tembok rembes karena belum diplester adalah selesaikan temboknya dengan pleteran. Jika lokasi tembok agak sulit, Anda bisa minta bantuan kepada tukan / pekerja jasa plester. Jangan lupa dilapisi cat/cairan anti bocor.

3. Retak rambut pada tembok

Tembok yang mengalami retak sekecil apapun seperti halnya retak rambut dapat berpotensi mengalami rembes yang lebih besar. Jadi perhatikanlah apakah tembok dirumah Anda mengalami retak rambut.

Jika memang ada Anda tidak boleh mengabaikannya. Karena jika diabaikan akan berpotensi mengalami masalah yang jauh lebih besar.

Cara mengatasi tembok rembes karena retak rambut yaitu dengan menutup retakkan tersebut. Carannya, ketrik tembok yang retak agar sedikit lebar. Setelah itu lakukan pengacian ulang. Setelah acian kering lapisi dengan waterproofing.

4. Rembes dari tembok kamar mandi

Jangan mengabaikan tembok kamar mandi yang bermasalah. Jika tembok kamar mandi Anda mengalami terlihat mengalami keretakan maka sebaiknya Anda segera untuk memperbaikinya. Jangan biarkan sampai menyebabkan kebocoran yang lebih besar.

Atau jika Anda ingin memperbaikinya Anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu mengelupaskan cat yang menempel sebelumnya. Kemudian setelah itu Anda bisa mengecat ulang dengan yang baru.

Dengan begitu tembok Anda akan terlapisi dengan baik sehingga mampu meminimalisasi kebocoran dan tembok rembes.

Baca juga: cara mengatasi kran bocor

Demikianlah artikel cara mengatasi tembok rembes sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *