4 Tips Ampuh Mengatasi Nyamuk di Rumah

Ini bisa menjadi kiat ampuh untuk mengatasi nyamuk di rumah Anda. Dengan menerapkan apa yang kami ulas di bawah ini dengan konisten, insyaAlloh masalah nyamuk bisa teratasi dengan mudah. – ide.news

Nyamuk seringkali menjadi momok menakutkan bagi para penghuni rumah. Bagaimana tidak hewan liar yang satu ini merupakan penyebab penyakit berat seperti DBD atau malaria.

Banyaknya nyamuk di rumah juga menandakan bahwa rumah Anda cukup kotor dan perlu untuk segera dilakukan pembersihan.

Pentingnya menjaga kebersihan rumah adalah agar nantinya tidak berdampak lebih buruk terhadap kesehatan keluarga Anda. Kuatkanlah komitmen Anda dan keluarga dalam menjaga kerapihan dan kebersihan rumah.

Jangan biarkan nyamuk-nyamuk berkembang biak. Karena meskipun ada cara agar rumah tidak ada nyamuk namun akan membutuhkan perhatian dan kerja keras ekstra dari Anda.

4 tips menjaga kebersihan untuk mengatasi nyamuk di rumah

mengatasi nyamuk di rumah
mengatasi nyamuk di rumah

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyamuk di rumah. Salah satunya adalah dengan mengusirnya dengan menggunakan alat yang biasa dipakai masyarakat pada umumnya.

Namun sebelum membahas tentang bagaimana mengatasi banyaknya nyamuk dirumah, alangkah baiknya kami sampaikan tips sehat agar rumah Anda terhindar dari kerumunan nyamuk.

1. Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan sekitar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menjaga rumah Anda agar terhindar dari kerumunan nyamuk adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan rajin menyapu dan mengepel seluruh bagian rumah. 

Terutama yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Telebih area kamar mandi. Membersihkan kamar mandi dan bak mandi Anda secara berkala 1 minggu satu kali, sangat bermanfaat.

Selain itu bagian dalam rumah yang harus Anda perhatikan juga kebersihannya adalah area sekitar rumah Anda. Bersihkan semua sampah daun-daun atau plastik yang bisa menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap. Jauhkan dari area rumah, bila perlu buang jauh-jauh dan bakar. 

2. Jangan malas menguras bak mandi

Tanda bak mandi perlu dilakukan pembersihan dan pengurasan adalah jika kondisi air pada dasar bak mandi sudah cukup keruh. Terlebih lagi jika bagian dasar bak sudah dipenuhi dengan kotoran air seperti hewan air yang mati atau kotoran dari air ledeng.

Segerakan untuk melakukan pembersihan dan meguras bak mandi, jika sudah melihat tanda-tanda seperti diatas. Karena seperti kita tahu bahwa kamar mandi merupakan salah satu tempat favorit nyamuk karena tempatnya yang adem dan lembab.

Apalagi jika terdapat banyak handuk dan baju-baju yang menggantung di kamar mandi. Kondisi kamar mandi seperti itu jelas merupakan favorit gerombolan nyamuk.

3. Jangan membiasakan menggantung banyak pakaian di kamar

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang terhadap pakaian mereka adalah menanggalkannya di kamar. Pakaian yang ditanggalkan terlalu banyak di dalam kar akan menjadi tempat bersembunyinya nyamuk.

Oleh karenanya kurangi pakaian yang menggantung dalam kamar. Anda bisa melipat jenis pakaian seperti kaos dan hem untuk mengurangi volume pakaian menggantung di kamar Anda.

4. Segeralah untuk mencuci pakaian kotor Anda

Segeralah untuk mencuci pakaian kotor Anda yang menumpuk. Jangan biarkan terlalu lama di bak pakaian kotor, karena hal tersebut hanya akan mendatangkan jentik-jentik nyamuk saja.

Setelah kita membahas mengenai tips sehat menjaga rumah Anda agar tidak banyak nyamuk. Sekarang kita akan sedikit mengulas tentang bagaimana mengatasi nyamuk yang sudah terlanjur bersarang dirumah.

Tipsnya adalah Anda bisa menggunakan obat pembasmi nyamuk yang sudah banyak beredar seperti obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot atau raket nyamuk.

Selain itu Anda juga bisa mengatasi nyamuk dengan menanam beberapa dari 11 tanaman untuk mengusir nyamuk, yaitu diantaranya: lemon balm, serai wangi, catnip, marigold, selasih, lavender, bawang putih, pennyroyal, rossemary, geranium dan zodia.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi nyamuk di rumah yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *