Cara Mengatasi Mimisan dengan Mudah, Aman + Faktor & penyebab

Mengatasi mimisan menggunakan daun suruh memang umum dilakukan. Namun ada tindakan lainnya yang juga wajib Anda ketahui. Artikel ini bisa menambah referensi untuk Anda. – ide.News

Mimisan merupakan salah satu jenis pendarahan yang terjadi melalui hidung. Baik karena akibat benturan fisik maupun sebab-sebab lainnya. Darah mimisan biasanya akan keluar dari salah satu lubang hidung. Diantara kita mungkin pernah mengalami sendiri atau menyaksikan seseorang yang mengalami mimisan.

Beberapa hal yang biasanya akan muncul saat mengalami atau melihat orang yang tengah mimisan adalah khawatir, panik dan bingung tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Begitu pun Anda sebagai orang tua, pastinya akan sangat khawatir jika anak Anda mengalami mimisan. Perlu Anda ketahui bahwa mimisan atau epistaksis adalah pendarahan pada hidung yang merupakan suatu hal yang wajar dan seringkali tidak berbahaya.

Jenis dan Faktor Penyebab Mimisan

mengatasi mimisan
mengatasi mimisan

Sebelum membahas tentang tips dan cara mengatasi mimisan, alangkah baiknya jika kita ulas terlebih dahulu tentang jenis dan faktor penyebab terjadinya mimisan.

1. Jenis mimisan dan penyebabnya

Berdasarkan lokasi pendarahan pada hidung yang sering terjadi, mimisan terbagi dalam dua jenis, yaitu anterior dan posterior.

1. Mimisan anterior

Mimisan jenis anterior adalah mimisan yang terjadi akibat pendarahan pada hidung bagian depan. Mimisan jenis inilah yang paling  sering dialami oleh sebagian besar orang. Mimisan anterior termasuk mimisan yang mudah ditangani. 

Meskipun mimisan pada umumnya dialami oleh anak-anak namun jika mimisan jenis anterior yang dialami maka tidak akan terlalu berbahaya.

2. Mimisan posterior

Mimisan jenis ini adalah mimisan yang terjadi pada pembuluh darah bagian belakang hidung yang mengalami pendarahan. Dan biasanya volume darah yang keluar cukup banyak. Mimisan jenis posterior ini umumnya dialami oleh orang dewasa dan lansia.

Penanganan untuk mimisan jenis ini memang tidaklah mudah. Sebaiknya jika anggota keluarga atau sahabat dekat Anda mengalami hal demikian segeralah untuk membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Mimisan

Selain jenis mimisan yang telah dibahas pada uraian di atas, mimisan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang sering terjadi selain karena penyakit yang terbilang normal adalah faktor penggunaan obat-obatan dan keturunan.

Namun selain itu ada juga hal-hal yang sering menjadi penyebab seseorang mengalami mimisan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terlukanya batang hidung akibat benturan
  2. Mengeluarkan ingus dengan hentakan hidung yang terlalu kencang
  3. Mengorek hidung terlalu keras meskipun tidak sengaja
  4. Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan dan obat pelega pernapasan yang berlebihan.
  5. Penggunaan obat-obatan terlarang seperti sabu-sabu dan kokain.
  6. Mengkonsumsi alkohol

Cara Mengatasi Mimisan

Sejak dulu mungkin kita sudah diajarkan oleh orang-orang tua kita mengatasi mimisan dengan daun sirih dengan cara menyumbatkannya. Daun sirih memang termasuk salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mimisan.

Namun tentu saja cara tersebut tidak selalu bisa dilakukan mengingat mimisan bisa saja terjadi sewaktu-waktu diamanapun dan kapanpun.

Anda perlu memahami bagaimana cara mengatasi mimisan yang bisa saja tiba-tiba datang. Cara berikut bisa Anda terapkan.

  1. Posisikan tubuh dalam keadaan duduk tegak. Posisi duduk yang tegak akan mengurangi potensi pendarahan lebih besar.
  2.  Jangan terlalu banyak membuka mulut karena darah yang keluar dari hidung bisa mengalir dan masuk ke mulut.  Segera lap jika aliran darah mengalir ke mulut karena akan membuat Anda terasa ingin muntah. 
  3. Pencet hidung selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan ibu jari. Hal tersebut untuk memberikan tekanan pada sumber pendarahan.
  4. Mengkompres dengan es balok untuk membantu menghentikan laju pendarahan.
  5. Jika mimisan tidak berhenti selama lebih dari 20 menit maka sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah ulasan tentang jenis dan faktor penyebab serta cara mengatasi mimisan. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *