No Panik! Ini Cara Mengatasi Kran Bocor Hanya dalam 3 Menit

Kita wajib menghemat air. Jika terjadi kebocoran, maka mengatasi kran bocor dengan tepat dan cepat menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. – ide.News

Jika terjadi kebocoran pada dinding rumah tentu Anda akan panik, bukan? Termasuk jika kran air di rumah Anda bocor. Beberapa tempat yang sering Anda pasangi kran air diantaranya adalah kamar mandi, kolam, dan halaman.

Tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang frekuensi penggunaanya tinggi. Maka menjadi suatu hal yang wajar bila sering terjadi kebocoran. Meskipun jika terjadi demikian, Anda tidak perlu panik karena Anda sendiri bisa menyelesaikannya.

Beberapa penyebab kran sering bocor diantaranya adalah terkena benda keras dan mampet. Hal ini sering terjadi ketika Anda atau kelaurga Anda memutar kran terlalu kencang sehingga mengakibatkan klem kran rusak.

Sederhananya Anda bisa mengatasi hal demikian dengan menggunakan lem untuk kran air yang bisa Anda beli di toko-toko terdekat. Begitupun jika kran rusak berat/patah.

Bagaimana cara mengatasi kran air yang patah? Simak ulasannya berikut ini.

Jangan panik begini cara cepat mengatasi kran bocor hanya dalam 3 menit

mengatasi kran bocor
Mengatasi kran bocor seperti ini tidak terlalu sulit

Pertama hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perbaikan kran yang bocor adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan.

Diantaranya adalah kunci pas, tang, kawat, lem dan juga karet atau bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda menyiapkan tools di atas Anda bisa mulai melakukan perbaikan dengan langkah berikut.

1. Matikan sumber air

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat terjadi kebocoran pada kran Anda adalah mematikan sumber aliran air kran tersebut. Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya luapan air yang lebih besar.

Jika aliran air tidak terlalu besar dan tidak menyebabkan banjir, Anda bisa mengambil ember untuk menampung air sementara menunggu kran yang Anda perbaiki bisa dipakai kembali. Ini adalah cara yang sederhana, tapi penting dilakukan sebagai tahapan untuk mengatasi kran bocor.

2. Periksalah bagian kran yang rusak

Mengatasi kran bocor diperlukan pemeriksaan. Jika saat pertama kali Anda mengetahui kebocoran kran karena terjadi benturan benda keras dan kran patah, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Jika kerusakan terjadi ditandai dengan air keluaran yang kecil tidak seperti biasanya, maka bisa dimungkinkan terjadi kerusakan pada bagian dalam kran Anda.

Yang sering terjadi adalah kerusakan pada katup bola yang membuka dan menutup aliran air. Untuk memperbaikinya, bisa dengan menggantinya dengan yang baru.

3. Membuka kran

Jika bagian dalam kran Anda yang rusak, maka Anda bisa membongkarnya terlebih dahulu untuk mengetahui bagian mana yang rusak. Manfaatkan kunci pas Anda untuk membuka baut yang ada pada leher kran.

Setelah kran lepas periksalah saluran air kran apakah ada yang rusak atau tidak. Jika bagian kran ada yang kurang kencang, Anda bisa mengencangkannya dengan alat yang sudah Anda sediakan sebelumnya. Gunakan lem atau lakban jika terjadi keretakkan pada bagian tertentu kran Anda.

4. Pasang kran seperti semula

Jika masalah kran bocor sudah Anda selesaikan, selanjutnya Anda bisa memasang kembali kran pada tempat semula. Pastikan Anda mengencangkan baut dengan baik agar nantinya tidak terjadi kebocoran lagi di lain waktu.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi kran bocor yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat (rn)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *