8 Langkah Sederhana Mengatasi Atap Seng Bocor (Berlubang)

Tidak sedikit rumah yang masih menggunakan material seng. Mengatasi atap seng bocor, cukup praktis, simpel dan sederhana jika tahu caranya.

Atap rumah merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Rumah akan aman dari hujan dan panas jika atap terpasang dengan baik dan tanpa kendala. Meski begitu ternyata tidak sedikit potensi kerusakan pada atap yang sering terjadi.

Genteng pecah dan melorot adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada atap. Selain itu jika bagian rumah beratap seng biasanya akan mudah berlubang entah karena masa pakai yang sudah usang atau karena terjadi benturan pada seng tersebut.

Jika hal itu terjadi pada rumah Anda, permasalahan-permasalahan tersebut mau tidak mau harus Anda atasi, agar rumah terkondisikan kembali dengan baik.

Misalnya jika atap seng rumah mengalami kebocoran Anda bisa mengaplikasikan cat penambal seng bocor atau lakban seng untuk mengatasinya.

Baca juga: cara mengatasi tembok rembes

Akan tetapi jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkannya, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan tips berikut.

Tips ampuh mengatasi atap seng bocor dengan mudah

Kiat jitu mengatasi atap seng bocor
Kiat jitu mengatasi atap seng bocor

Untuk mengatasi atap seng yang bocor, Anda bisa menerapkan beberapa cara seperti menambal, mengelem atau menggantinya. Namun sebelum Anda melakukan penggantian atap seng yang rusak, Anda bisa menerapkan tips mudah menembel dengan memanfaatkan sterofoam/gabus berikut ini.

# Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya:

  • Sterofoam/gabus
  • Bensin
  • Kuas
  • Lem
  • Wadah

# Langkah-langkahnya

  1. Siapkan bensin dalam wadah.
  2. Potong sterofoam/gabus kecil-kecil lalu masukkan potongan-potongan gabus tersebut kedalam wadah berisi bensin.
  3. Tunggu sampai gabus/sterofoam larut kemudian aduk hingga rata dan terbentuk adonan pekat.
  4. Tambahkan adonan lem perekat seng jika ada untuk menambah daya rekat pada seng
  5. Setelah adonan siap dipakai, siapkan seng yang akan ditutup (jika seng berada di atas atap berhati-hatilah dalam menngerjakannya)
  6. Setelah semua siap, mulailah dengan mengoleskan adonan gabus yang pekat tersebut pada permukaan seng yang berlubang, berikan sedikit tekanan agar adonan dapat masuk ke dalam pori-pori seng dan menutup dengan sempurna
  7. Biarkan lem gabus menempel hingga 3-5 jam
  8. Setelah dirasa cukup kering, lakukan pengetesan kebocoran dengan mengalirkan air diatas permukaan berlubang yang sudah ditempel tadi. Bila masih bocor lakukan penambalan lagi sesuai prosedur sebelumnya.

Baca juga: Tips ampuh mengecet tembok lama yang lapuk agar bagus lagi

Nah demkianlah tips sederhana mengatasi atap seng bocor (berlubang). Perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya akan efektif jika lubang seng tidak melebihi 3 cm. Jika lebih dari itu kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *