Sudah Benarkah Cara Merawat & Mencuci Tas Kesayangan Anda?

Mencuci tas tidak bisa diperlakukan dengan pola dan cara yang sama. Ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat tas. Oleh karena itu, tidak semua jenis tas bisa dicuci. Artikel ini mengulas cara mencuci tas  yang menggunakan bahan bisa dicuci. – ide.News

Beberapa orang tidak sadar bahwa tas yang digunakan setiap hari entah untuk bersekolah, kuliah atau bekerja ternyata bisa terlihat jorok. Banyak debu atau potongan-potongan kertas yang tertinggal di sela-sela kantong tas membuatnya terlihat kotor.

Atau bahkan ada juga noda yang langsung terlihat di bagian luar tas. Semuanya perlu diatasi jika Anda ingin tetap tampil pede menggendong tas kemana saja.

Salah satu upaya perawatan terhadap pemakaian tas adalah membersihkannya dari kotoran dan noda terrsebut. Lalu bagaimana cara membersihkan noda dan kotoran pada kantong tas? Atau misalnya jika Anda memiliki tas model kanvas, bagaimana cara mencuci tas kanvas? Atau juga bagaimana cara mencuci tas kulit imitasi?

Nah, berikut akan kami ulas tips merawat dan mencuci tas yang benar agar tetap awet.

Cara hebat merawat dan mencuci tas agar awet dan tahan lama

mencuci tas
Mencuci tas hanya boleh dilakukan untuk bahan yang bisa dicuci saja

Sebelum mengulas tentang cara mencuci tas yang benar, terlebih dahulu akan kita bahas mengenai bagaimana cara merawat tas yang baik dan benar agar tidak mudah kotor dan rusak.

Merawat tas agar awet dan tahan lama.

1. Kancingkan resleting dengan benar

Keberadaan resleting tas saangat penting untuk diperhatikan, pasalnya jika diabaikan akan mempengaruhi potensi keruskan pada tas. 

Misalnya tersangkut sesuatu kemudian sobek dan sebagainya. Selain itu juga mengancingkan resleting dengan benar akan membuat barang-barang di dalam tas Anda aman dan terhindar dari potensi jatuh.

2. Kosongkan dan bersihkan tas sebelum disimpan

Sebelum tas disimpan untuk tidak digunakan dalam beberapa waktu usahakanlah untuk mengosongkan isinya. Bersihkan juga kantong-kantong tas dari kotoran seperti serpihan kertas. Serta amankan dari benda-benda yang berpotensi menyebabkan noda.

3. Simpan tas ditempat kering dan terhindar dari sinar matahari

Selanjutnya usahakan untuk menempatkan tas di tempat yang kering dan terhindar dari kebocoran akbiat tembok rembes dan sebagainya. Tas yang terlalu seriung lembab akan menyebabkan bahan tas mudah rapuh dan rusak.

Mencuci tas dari kotoran dan noda.

  1. Siapkan air rendaman yang sudah dicampur detergen
  2. Sebelum direndam, utamakan untuk membersihkan bagian yang kotor/noda yang membandel terlebih dulu dengan bekas sikat gigi atau sejenisnya.
  3. Setelah direndam selama beberapa menit sikat kembali bagian tas yang terdapat noda.
  4. Setelah dirasa cukup bersih, Anda bisa menjemurnya dibawah terik matahari.
  5. Pastikan Anda menjemur tas dengan bagian dalam yang terkena sinar matahari agar warna tas tidak pudar.

Nah demikianlah tips merawat dan mencuci tas yang baik dan benar agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat. (rn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *