Trik Mencuci Piring Tanpa Sabun, Perlu Dicoba! Bahan Alami

Kalau Anda tidak pernah berkutat di area dapur kotor, artikel ini akan menjadi referensi yang menarik. Anda bisa mencuci piring dengan menggunakan bahan alami yang ampuh. – ide.News
 
Pernahkah Anda mencoba mencuci piring tanpa sabun? Bagaimana hasilnya? Bisa jadi bersih bisa jadi tidak. Dan yang lebih sering terjadi justru tidak bersih. Padahal piring atau peralatan makan yang dicuci tersebut harus dipakai kembali.

Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut Anda perlu mencoba trik mencuci piring tanpa sabun yang akan dibahas pada artikel ini.

Pernahkah suatu waktu Anda kehabisan sabun cuci piring dirumah sementara banyak gerabah yang harus segera dicuci? Tentu mengalaminya merupakan hal yang cukup menjengkelkan bukan?

Nah saat itu Anda dituntut untuk berfikir mencari alternatif lain agar seabrek gerabah Anda tercuci semua dengan bersih.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sabun cuci piring tradisional dan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu membersihkan cucian Anda.

Tips mencuci piring tanpa sabun dengan bahan-bahan alami

Pada hakikatnya mencuci piring tidak ada yang mudah. Karena semudah apapun mencuci piring tetap membutuhkan tenaga Anda untuk melakukannya.

Namun jika Anda membutuhkan alternatif pengganti deterjen alami, Anda bisa menerapkan bahan-bahan alami berikut sebagai pengganti sabun cuci dan dijamin hasilnya tidak kalah bersih. Apa saja bahan-bahan tersebut?

mencuci piring dengan bahan alami
mencuci piring dengan bahan alami

1. Buah Lemon

Ternyata buah lemon selain bisa dikonsumsi, dijadikan minuman jus juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan cucian gerabah pengganti sabun cuci biasa. Sehingga tidak heran jika banyak sabun cuci piring yang banyak beredara saat ini menggunakan bahan dasar lemon.

Jadi, jika di kulkas rumah Anda tersedia banyak buah lemon, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat tanpa disadari Anda kehabisan sabun cuci piring. Karena Anda bisa menggantikannya dengan buah lemon.

Caranya ialah dengan memanfaatkan kulitnya untuk membersihkan cucian Anda. Bila perlu, Anda juga bisa memanfaatkan air lemonnya untuk membersihkan lemak-lemak yang membandel pada gerabah Anda.

Silahkan coba dan praktikkan mencuci piring menggunakan buah lemon. Ceritakan pengalamanmu dengan meninggalkan komentar di bawah ya…

 Soal kebersihan bagaimana?

Tenang saja buah lemon justru akan lebih efektif membersihkan cucian gerabah Anda karena langsung dari bahan alaminya. Sehingga dengan demikian Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan mencuci piring dan gerabah Anda dengan hasil yang lebih efektif.

2. Jeruk nipis

Yup. Jeruk nipis bisa jadi alternatif bahan alami yang ampuh untuk memcuci piring. Jika Anda bukan kolektor buah lemon, mungkin Anda adalah penyuka jeruk nipis. 

Sama seperti halnya lemon, bahan alami ini bisa digunakan untuk membantu membersihkan gerabah Anda. Adapun caranya sama dengan penjelasan pada bahan alami buah lemon diatas.    

3. Abu Gosok

Sudah pernah coba mencuci piring dengan abu gosok?. Banyak orang-orang dulu yang memanfaatkan abu gosok untuk membersihkan gerabah. Jika di rumah Anda sudah tidak lagi menggunakan tungku dari tanah, Anda bisa mendapatkannya di warung-warung penjual barang pecah belah.

Dan Anda bisa mengaplikasikan abu gosok tersebut untuk membantu mengangkat lemak dan kotoran pada gerabah Anda.

Caranya dengan digosokan seperti biasa pada cucian pertama setelah dibasahi air. Setelah dirasa kotoran sudah luntur, bilas dengan air sampai bersih.

4. Kemangi

Tenyata kemangi tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai lalapan makanan saja lho, karena buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan gerabah. Caranya dengan memanfaatkan daunnya yang wangi untuk mencuci gerabah.

Caranya adalah dengan menggosokkan daun-daunnya yang telah diremas-remas untuk mengangkat lemak pada gerabah Anda. Bila perlu campuri dengan sisa sabun yang ada guna memperkuat efektifitas pembersihan.

Nah itulah 4 bahan alami yang bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan gerabah di rumah Anda. Semoga menginspirasi dan bemanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *