5 Tips Menanam Pohon di sekitar Rumah agar Sejuk dan Indah

Tips menanam pohon di sekitar rumah ini, cukup layak dijadikan referensi. Terlebih bagi Anda yang baru mau mulai menanam pohon di lingkungan rumah. – ide.News

Banyak orang yang belum mengerti tentang manfaat menanam pohon di halaman rumah, atau area lain disekitar rumah.

Padahal pohon yang tumbuh di sekitar rumah bisa menjadikan rumah terlihat lebih hijau dan asri. Oleh karenanya menanam pohon di sekitar rumah menjadi cukup penting agar rumah terlihat lebih dinamis.

Jika Anda berkesempatan untuk bisa mengubah tampilan rumah Anda dengan rimbunan pohon yang ada di sekeliling rumah Anda. Maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Sehingga dalam melakukan penanaman pohon bisa dilakukan dengan mudah dan sesuai dengan karakter rumah Anda.

Tips menanam pohon di sekitar rumah agar menarik dan enak dilihat

menanam pohon
Persiapan menanam pohon di halaman

Sebelum Anda mulai melakukan penanaman pohon di sekitar rumah Anda, alangkah baiknya Anda simak tips dan hal-hal sebagai berikut.

1. Memilih jenis pohon yang akan ditanam

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menanam pohon di area rumah adalah menentukan terlebih dahulu jenis pohon apa yang ingin Anda tanam. 

Pertimbangkan juga ukuran tinggi, lebar kemungkinan kerindangan pohon. Hal itu untuk mengantisipasi jarak penanaman pohon satu dengan yang lainnya dan mempermudah penempatan space dimana pohon akan ditanam.

Hindari menanam pohon yang kurang sesuai dengan area rumah Anda. Jangan bereksperimen dengan menanam pohon yang Anda lihat bagus di pekarangan tetangga. Karena belum tentu akan sesuai jika diterapkan di rumah Anda.

2. Tentukan bibit yang akan ditanam

Tips lain dalam menanam pohon disekitar rumah adalah dengan terlebih dahulu menentukan bibit seperti apakah pohon yang ingin Anda tanam berupa biji, bibit kecil atau bibit yang setengah dewasa dan siap dipindahkan ke area tanam Anda. 

Jika Anda memilih untuk menanam pohon asem jawa dari bibit, Anda harus paham bahwa karakter pohon ini, tergolong lama bertumbuh. Namun saat besar nanti akan memakan banyak space tanah.

3. Tentukkan di mana Anda ingin menanam pohon tersebut

Area rumah yang ingin ditanami bisa jadi bukan halaman rumah saja. Namun bisa jadi pekarangan rumah Anda di sebelah kanan-kiri rumah Anda juga bisa ditanami. Jadi jelilah untuk melihat dan meilih space yang mungkin bisa Anda tanami pohon.

Jika Anda sudah menentukan area yang akan Anda tanami pohon, harapannya adalah agar nantinya Anda lebih mudah dalam menentukan jenis pohon yang akan ditanam.

4. Mengatur jarak tanam antar pohon

Mengatur jarak antar pohon sangat penting jika Anda menanam lebih dari satu pohon di area yang sama. Jarak antar pohon berguna untuk mengantisipasi pohon yang akan tumbuh rindang agar memiliki space yang lebih luas.

Usahakan jarak antar pohon disesuaikan dengan jumlah pohon yang akan Anda tanam. Hal itu agar usaha Anda untuk membuat rumah Anda menjadi greenhouse tidak sia-sia.

Karena jarak tanam pohon yang terlalu berdekatan membuat rumah Anda terkesan seperti rumah di tengah hutan.

5. Mengatur jarak titik penanaman pohon dengan bangunan rumah Anda

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan titik penanaman adalah jarak dari pohon dengan bangunan rumah Anda. Hal ini penting untuk Anda pertimbangkan agar jangan sampai akar yang tumbuh dari pohon yang Anda tanam menyebabkan kerusakan pada pondasi bangunan Anda.

Aturlah titik penanaman pohon setidaknya 1,5 meter dari pondasi dasar rumah. Agar tidak membahayakan konstruksi bangunan Anda. Jika area tanam tidak terlalu luas jangan memaksakan untuk menanam pohon yang berpotensi tumbuh membesar dan rindang.

Demikianlah ulasan tentang tips menanam pohon disekitar rumah agar terlihat indah dan sejuk. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam melakukannya. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *