5 Hal Penting dalam Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Membaca ulasan ini, Anda jadi tahu bagaimana memilih sikat gigi yang baik dan benar. Termasuk juga dalam melakukan perawatannya. – ide.news

Sikat gigi merupakan salah satu barang pribadi yang memiliki manfaat sangat penting yakni menjaga kesehatan gigi. Dengan rutin menyikat gigi dengan sikat gigi yang baik dan cara yang benar, maka gigi Anda akan terjamin kesehatannya.

Sebaiknya lakukan pemilihan sikat gigi yang baik agar memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda dalam merawat kesehatan gigi.

Sikat gigi yang baik memiliki beberapa kriteria yang sebenarnya memiliki tingkat kenyamanan penggunaan tergantung masing-masing orang.

Tidak sepenuhnya sikat dengan bulu halus selalu baik saat digunakan dibandingkan sikat gigi berbulu kasar. Semua tipe sikat gigi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tips memilih sikat gigi yang tepat untuk kesehatan keluarga

memilih sikat gigi yang bagus
memilih sikat gigi yang bagus

Meskipun memilih sikat gigi yang tepat, setiap orang memiliki kecenderungan masing-masing namun tidak ada salahnya jika kami sampaikan tips memilih sikat gigi sebagai berikut.

1. Ukuran kepala dan batang sikat gigi

Pilihlah sikat gigi dengan kepala yang tidak terlalu besar. Hal tersebut agar sikat gigi mudah menjangkau ke seluruh bagian gigi dan mulut Anda. Selain itu dengan sikat gigi yang berkepala kecil pergerakan sikat gigi Anda akan lebih leluasa. Sehingga akan mengefektifkan penyikatan gigi Anda.

Selain memilih kepala sikat gigi yang tidak terlalu besar, perhatikan juga batang sikat giginya. Usahakan untuk memilih batang sikat gigi yang panjang dan nyaman di gunakan. Tentu saja pemilihan sikat gigi disesuaiakan dengan pemakainya. Jika Anda membelikan sikat gigi untuk anak Anda yang masih usia 3 tahun tenu berbeda dengan sikat gigi untuk dewasa.

2. Jenis bulu sikat.

Untuk memilih jenis bulu sikat yang ada pada sebuah sikat gigi, biasanya bisa Anda lihat pada bagian label sikat gigi. Yang mana label tersebut umumnya akan bertuliskan soft, medium, atau hard. Jika pun tidak tercantum pada label, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat bulu sikat yang ada.

Pentingnya memilih jenis bulu sikat gigi adalah saat Anda menggosok gigi. Jika menggunakan sikat gigi yang kasar, maka akan berpotensi melukai bagian dalam mulut Anda. Namun demikian Anda bisa mengantisipasinya dengan menyikat gigi Anda dengan pelan.

Sementara jika bulu sikat terlalu lembut, juga akan mengurangi efektifitas pembersihan gigi Anda. Jadi pilihlah jenis bulu sikat sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Perawatan sikat gigi

Selain memilih sikat gigi, merawatnya juga suatu hal yang cukup penting. Mengingat sikat gigi tidak dipakai sekali saja. Cara merawat sikat gigi cukup dengan sering mencucinya sesaat setelah dipakai dibawah air kran. 

Selain itu, jangan simpan sikat gigi dengan menutupnya saat bulu sikat masih basah. Karena bulu sikat yang tertutup dalam keadaan basah akan mendatangkan bakteri yang akan mengganggu kesehatan gigi dan mulut Anda/keluarga Anda.

Bila perlu sesekali cucilah bulu sikat dengan air hangat untuk memudahkan kotoran di sekitar kepala sikat gigi Anda.

4. Jagalah kebersihan sikat gigi 

Menjaga kebersihan sikat gigi dapat dialakukan dengan membiasakan diri untuk tidak menaruh sikat gigi di sembarang tempat. Bahkan sebenarnya kamar mandi dan wastafel juga bukan tempat yang higienis untuk meletakkan sikat gigi. Karena tempat tersebut merupakan tempat banyak bakteri. 

Jadi usahakanlah untuk meletakkan sikat gigi di tempat tertentu yang cukup higienis. Atau buatlah rak khusus untuk meletakkan perlengkapan menyikat gigi Anda.

5. Lakukan penggantian sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali

Lakukan penggantian rutin terhadap sikat gigi Anda setidaknya 3-4 bulan sekali/jika bulu sikat sudah cukup rusak. Dengan melakukan penggantian secara rutin maka aktivitas menyikat gigi Anda akan terjaga kebersihannya.

Demikianlah tips memilih sikat gigi serata perawatannya yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *