7 Tips Memilih Kipas Angin yang Tepat Agar Tidak Salah Pilih

Anda akan mendapatkan informasi tentang poin-poin penting dalam memilih kipas angin yang tepat. Baik untuk kipas angin gantung maupun kipas angin portable. – ide.news

Kipas angin merupakan salah satu perabot rumah yang sudah sangat populer. Hampir setiap rumah memiliki barang bentuk lain penyejuk ruangan yang satu ini. Seperti kita tahu, ada 2 jenis kipas angin yang sering dipakai. Yaitu kipas angin yang dipasang di langit-langit atap dan kipas angin portabel. Tersedia juga dengan corak, warna dan merk yang bermacam macam.

Kedua jenis kipas angin tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Biasanya untuk pemakaian di sebuah rumah dengan ruangan kecil, banyak yang lebih memilih kipas angin portabel. 

Karena selain mudah dipindah-pindahkan dan tidak ribet kipas angin portabel juga mudah dalam perawatannya. Sehingga kipas angin portabel lebih banyak diminati. 

Bagian yang sangat penting yang harus diperhatikan dari kipas angin diantaranya adalah motor penggerak, kipas, dan stand kipas.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih kipas angin

memilih kipas angin
kiat memilih kipas angin

Banyak sekali jenis dan merk kipas angin yang beredar di pasaran saat ini. Belilah kipas angin yang sesuai dengan ukuran dan harga yang Anda inginkan. Berikut akan kami ulas tips memilih kipas angin yang benar untuk membantu memudahkan Anda dalam memilih kipas angin yang tepat.

1. Periksa komponen kipas angin dengan teliti

Periksa apakah komponen kipas angin yang akan Anda beli dalam keadaan normal komponennya. Atau apakah ada kecatatan dan berpotensi tidak bisa bekerja dengan baik. Jika ada segera untuk melaporkannya kepada petugas toko atau liriklah kipas angin yang lain. 

Periksa spool pada bagian (mesin) motor penggerak bagian atas. Pastikan spool masih tebal karena spool yang tipis akan membuat kipas menjadi lebih cepat panas.

2. Pilihlah kipas angin dengan daun kipas yang lebar dan tebal

Pilihlah kipas angin dengan kipas yang tebal dan lebar. Karena kipas yang tebal dan lebar akan menghasilkan angin yang lebih kencang. Selain itu kipas yang lebar dan tebal akan cenderung lebih awet dan tahan lama.

3. Periksa bahan body kipas angin

Periksa apakah body kipas angin terbuat dari bahan plastik yang kuat atau tidak. Pastikan bahan yang dipakai terbuat dari plastik yang awet sehingga nantinya tidak mudah pecah. Anda bisa memeriksa dan merasakannya dengan ketukan tangan Anda. Plastik yang bagus tidak akan menghasilkan bunyi seperti halnya plastik yang tipis.

4. Perhatikan leher kipas

Pastikan leher penyangga kipas terbuat dari  bahan yang tebal. Karena penyangga yang tebal tidak akan membuat kipas angin mudah jatuh.

5. Amati putaran kipas

Perhatikan putaran kipas apakah ada kendala atau tidak. Pastikan putaran kipas tidak tersendat. Karena putaran kipas yang tidak lancar berpotensi menyebabkan kipas angin Anda cepat rusak.

6. Periksa bagian kabel terutama steker

Pastikan kabel steker atau colokan kipas angin dalam keadaan baik. Pilihlah kipas angin dengan kabel berbahan tebal dan kuat. Dengan begitu kabel tidak akan mudah terkelupas.

7. Sesuaikan ukuran kipas angin dengan ukuran ruangan

Jika ruangan yang akan Anda tempati kipas angin didalamnya tidak cukup luas, pilihlah kipas angin yang berukuran sedang saja. Hal itu agar ruangan tidak menjadi terlalu sempit dan sesak. Misalnya jika ruangan Anda berukuran 4×6 m maka cukup gunakan kipas angin berukuran tinggi 75 cm saja.

Demikianlah ulasan singkat tentang tips memilih kipas angin yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu Anda ketika hendak membeli kipas angin. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *