7 Kreasi Unik Membuat Hiasan Aquarium Sendiri di Rumah

Membuat hiasan aquarium butuh banyak referensi. Walaupun hobby nyatannya membuat hiasan aquarium sendiri, butuh kerja keras dan kreativitas tingkat tinggi. – ide.News

Apakah Anda termasuk pecinta ikan hias? Apakah Anda memeliharanya di dalam rumah? Jika iya pasti Anda memiliki aquarium sebagai rumah tinggal ikan hias Anda. 

Memelihara ikan hias tentu bukan pekerjaan yang berat terlebih jika dilakukan atas dasar kesenangan/hobi. Dan dalam melakukannya pasti sudah dipertimbangkan sedari awal.

Nah, bagi Anda yang merasa bosan dengan tampilan aquarium Anda yang itu-itu saja, bisa berkreasi dengan membuat hiasan aquarium sendiri di rumah. Anda bisa membuat hiasan aquarium dari barang bekas. Atau Anda juga bisa membuat hiasan aquarium sederhana dengan ide kreatif Anda sendiri ala aquascaper profesional.

Ide brilian membuat hiasan aquarium unik ala aquascaper pro

Membuat hiasan aquarium sendiri memang bukan pekerjaan mudah. Pasalnya hal ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan Anda dalam melakukannya namun tidak salah jika Anda mencobanya. Ide kreatif berikut bisa menjadi referensi Anda dalam membuat hiasan aquarium berupa aquascape sendiri di rumah. 

membuat hiasan aquarium sendiri
Membuat hiasan Aquarium sendiri, Mengedepankan kreativitas dan nilai seni

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Membuat dasar aquarium

Untuk membuat hiasan aquarium sendiri Anda bisa memulainya dengan mendekorasi dasar akuarium terlebih dahulu. Caranya dengan menaburkan pasir sungai atau pasir jenis apapun ke bagian dasar akuarium.

Taburkan pasir ke dalam dasar akuarium dengan tebal sekira 2 – 3 cm membentuk cekungan dibagian tengah. Bagian cekungan tersebutlah yang nantinya akan diisi dengan pupuk.

2. Beri tambahan pupuk

Setelah menaburkan pasir di bagian dasar aquarium, selanjutnya adalah menaburkan pupuk dibagian tengah pasir (cekungan) tersebut. Harus diingat bahwa tujuan dari adanya cekungan tersebut adalah agar pupuk tidak terlihat dari samping.

Adapaun pupuk tersebut nantinya berfungsi sebagai nutrisi tanaman air yang akan ditanam di dasar akuarium.

3. Tutup kembali dengan pasir

Setelah pupuk dimasukkan, kemudian tutuplah kembali dengan pasir untuk menutupi pupuk tersebut. Lapisan pasir untuk menutupi pupuk ini akan menjadikan tanaman hias di aquarium Anda seperti dibawah laut. Oleh karenanya pastikan Anda mengaturnya dengan baik agar terlihat lebih cantik dilihat.

 4. Masukkan bebatuan dan aksesoris lainnya

Tahap selanjutnya adalah memasukkan bebatuan dan beberapa aksesoris yang sudah Anda siapkan. Perlengkapan tambahan seperti bebatuan tersebut akan membuat tampilan dasar aquarium lebih indah dan artistik. Pastikan Anda mengaturnya dengan sebaik mungkin agar nantinya Anda tidak cepat bosan dengan tampilannya.

5. Tanamlah tanaman hias favorit Anda

Setelah bagian dasar akuarium tertata dengan rapi, selanjutnya adalah menanam/memasukkan tanaman hias favorit Anda. Cara menanam tanaman hiasnya yaitu dengan mengisi akuarium dengan air kira-kira seperempat luas akuarium. 

Masukkanlah air secara perlahan agar tidak merusak susunan pasir dan dasar akuarium. Selanjutnya tanamlah satu per satu tanaman hias yang sudah Anda siapkan dengan hati-hati.

6. Isi air untuk menghilangkan zat berbahaya pada pasir

Setelah semua tanaman hias tertanam dengan baik selanjutnya adalah mengisi akuarium dengan air sampai volume 70 %. Setelah itu buang kembali air tersebut. Tujuan air tersebut dibuang adalah untuk menghilangkan zat berbahaya yang ada pada pasir.

Setelah itu masukkanlah air ke dalam akuarium sampai penuh atau sesuai keinginan. Selanjutnya masukkanlah ikan hias Anda atau hewan air lainya. Karena pada kondisi ini air sudah aman dari zat berbahaya terhadap hewan dan tanaman hias akuarium

7. Masukan filter dan aksesori lainnya

Tahap terakhir adalah menambahkan peralatan akuarium seperti filter, diffuser co2 serta lampu hias akuarium guna mempercantik tampilan akuarium pada malam hari. 

Selesai, akuarium Anda sudah siap dipajang dengan hiasan akuarium ala aquascaper handal. Demikianlah ulasan tentang membuat hiasan akuarium sendiri di rumah. Semoga bermanfaat (rn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *