Cara Membersihkan Panci Gosong yang Simpel dan Mudah

Artikel ini akan memberikan wawasan kepada Anda tentang cara membersihkan panci gosong yang praktis dan mudah. Pantat panci yang gosong memang harus segera dibersihkan, agar tidak memberikan kesan kotor dan jorok.- ide.News

Tentu Anda pernah melihat panci yang gosong atau berkerak, bukan? Atau mungkin pernah mengalaminya sendiri? Alih-alih ingin memasak enak, justru jadi malas hanya karena pantat panci atau pantat wajan Anda gosong.

Peralatan dapur sebenarnya tidak akan mudah gosong, jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Namun seringkali kecerobohan-kecerobohan saat memasak tidak bisa dihindari. Seperti misalnya tidak sengaja meninggalkan masakan hingga mengering di atas wajan dan sebagainya.

Peralatan dapur seperti panci yang gosong sebenarnya adalah hal yang wajar. Karena selain gosong karena hal-hal kecerobohan Anda, panci yang gosong juga bisa disebabkan oleh pemakaian secara terus menerus meskipun pemakaian wajar.

Namun demikian panci yang sudah terlanjur gosong tetap bisa diatasi dengan menerapkan tips membersihkan panci gosong berikut.

4 Cara membersihkan panci gosong

membersihkan panci gosong
membersihkan panci gosong agar tidak terlihat jorok

Membersihkan panci yang sudah terlanjur gosong terlebih gosong yang sudah parah memang tidaklah mudah.

Anda perlu bekerja ekstra untuk mengembalikan panci pada kondisi sebelumnya atau setidaknya Anda bisa mengusahakan  untuk mengurangi kegosongan. Berikut akan kami ulas caranya untuk Anda.

1. Gunakan air panas dan sabun cuci/detergen gerabah

Cara pertama untuk membersihkan panci yang gosong adalah dengan mengguyurnya dengan air panas. Setelah itu diamkan selama beberapa saat. Jangan lupa campurkan sabun/detergen gerabah.

Detergen berguna untuk membantu merontokkan kerak yang menempel. Setelah beberapa saat dan dirasa kerak pada panci sudah terangkat, maka kerak akan luntur dengan sendirinya dan  Anda bisa membersihkannya dengan mudah seperti biasa. 

2. Dengan abu gosok

Membersihkan panci gosong bisa dengna abu gosok. Cara pembersihan panci gosong yang satu ini terbilang tradisional. Pasalnya abu gosok memang sering dimanfaatkan sebagai pembersih alat-alat dapur yang gosong atau berkerak sejak zaman dulu.

Nah panci yang gosong pun bisa dibersihkan dengan mengaplikasiikan abu gosok ini. Caranya adalah dengan menaburkan abu gosok ke atas panci yang gosong. Campurkan air secukupnya hingga membuat abu gosok mengental seperti adonan.

Aplikasikan abu gosok tersebut untuk membersihkan seluruh bagian panci yang gosong, dan terakhir lihatlah hasilnya.

3. Memanfaatkan air jeruk nipis

Cara membersihkan panci gosong selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis untuk membantu merontokkan kerak dan noda membandel. Caranya dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan air panas dan gunakan campuran tersebut untuk merendam panci yang gosong.

Campuran air jeruk dan air panas berfungsi untuk mengangkat kerak dan kotoran . Dengan terlebih dahulu Anda merendamnya maka akan memudahkan Anda dalam membersihkannya esok harinya.

4. Memasukkannya kedalam kulkas

Cara terakhir untuk membersihkan panci gosong adalah dengan memasukannya ke dalam kulkas. Dengan catatan panci Anda tidak lebih besar dari kulkas. 

Setelah dimasukkan ke dalam kulkas kemudian diamkanlah selama beberapa jam untuk merontokkan kerak. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah dibersihkan dari kerak dan noda membandel.

Demikianlah ulasan tentang cara membersihkan panci gosong yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *