4 Tips Merawat dan Membersihkan Meja Makan Agar Awet

Membersihkan meja makan bagi ibu rumah tangga yang rajin, mungkin adalah suatu pekerjaan yang mudah. Namun semudah apapun pekerjaan membersihkan meja makan, tetap memerlukan waktu dan tenaga Anda untuk menyelesaikannya bukan?

Karena itulah peran aktif Anda dan seluh anggota keluarga tetap dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Oleh karenanya Anda perlu meluangkan waktu Anda sebaik mungkin untuk memperhatikan kebersihan meja makan Anda.

Meja makan yang bersih dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah dari bahan meja yang dipakai. Meja dengan bahan kaca atau sejenisnya tidak mudah kotor dan rusak, kecuali pecah.

Namun bagaimana jika meja makan Anda berbahan kayu? Bagaimana tips membersihkannya? Berikut ini akan kami bahas tips menjaga kebersihan dan kerapian meja dari sisa makanan dan kerak.

4 Tips Merawat dan Membersihkan Meja Makan Kayu Agar Selalu Bersih dan Rapi

membersihkan meja makan
Membersihkan meja mekan setelah digunakan, meja lebih awet

Simak empat ulasan ide.News berikut ini terkait dengan cara merawat dan membersihkan meja makan berbahan kayu.

1. Memperhatikan penempatan meja makan

Mengatur penempatan meja makan cukup penting untuk menjaga dan merawat meja makan agar selalu bersih dan rapi.

Hindari meletakkan meja makan dekat dengan dapur terutama dengan letak kompor. Dapur merupakan tempat khusus memasak sehingga sangat tidak dianjurkan untuk menempatkan meja kayu di area dapur.

Panas yang menerpa meja makan secara tidak langsung akan membuat meja makan lama kelamaan akan retak dan pecah. Jadi hindarkan penempatan meja makan terlalu dekat dengan kompor.

Selain itu  meja makan juga tidak direkomendasikan untuk berada dekat dengan sumber panas lain seperti garasi atau carport. Karena dengan panas yang ditimbulkan oleh radiator dan mesin mobil bisa membuat meja makan rentan mengalami panas berlebih dan cepat rusak.

2. Bersihkan meja makan dari debu

Debu seringkali menjadi penyebab kotornya sebuah benda atau barang-barang di rumah Anda. Tidak terkecuali meja makan. Meja makan dapat menjadi terlihat kotor lantaran banyaknya debu yang menempel.

Bersihkan meja makan Anda dari debu yang ada dengan kain lap secara rutin. Bila perlu bersihkan langsung saat itu juga saat Anda melihat banyak debu menempel di permukaan meja makan Anda.

Selain membersihkannya secara rutin dengan kain lap, dapat juga mengantisipasi banyak nya debu yang menempel, dengan menggunakan atau memasang cover meja dari plastik atau kain pelindung yang mampu menutupi seluruh permukaan meja.

Terlebih jika cover yang dipakai berbahan plastik tentu akan memudahkan Anda dalam membersihkannya. Cukup dengan membasahi kain dengan air kemudian gunakan untuk mengelap seluruh bagian meja tersebut.

Atau melepasnya terlebih dahulu kemudian dicuci. Dengan begitu Anda tidak akan susah payah mengelapnya setiap hari.

3. Bersihkan meja dari noda kopi/bahan makanan lain

Ada saat-saat tertentu meja makan akan meninggalkan bekas noda. Baik noda dari gelas kopi, teh atau sirop. Jika Anda tidak ingin bekas noda tersebut membuat meja makan Anda kurang bersih dan rapi segeralah untuk membersihkannya dengan kain lap.

Membersihkan meja makan setelah digunakan akan lebih ringan pekerjaannya. Menunda membersihkan, akan menambah beban dan proses pekerjaan.

Noda yang dibiarkan menempel selama berhari-hari hanya akan membuat noda tersebut semakin sulit untuk dihilangkan. Jadi berikan perhatian ekstra Anda pada jenis noda yang semacam itu.

4. Perhatikan juga tingkat kelembaban ruangan

Di dalam ruangan dimana Anda meletakkan meja makan, sebaiknya diatur tingkat kelembaban udaranya. Misalnya jika di ruang makan Anda terdapat air conditioner.

Maka aturlah agar suhu AC tidak terlalu dingin atau panas. Karena jika suhu ruangan berlebih maka akan mempengaruhi keawetan meja makan Anda. Serta menambah kesulitan bagi Anda dalam membersihkannya.  

Itulah beberapa cara mudah untuk merawat dan membersihkan meja makan Anda agar tetap bersih dan rapi. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *