6 Tips Mudah Membersihkan Lemari Pakaian

Membersihkan lemari pakaian adalah pekerjaan sederhana. Setiap orang bisa melakukannya. Sayangnya, tidak sedikit yang hanya asal dalam membersihkannya. Dengan begitu proses pekerjaan tidak efektif. Hasilnya kurang maksimal.

Dengan tambahan referensi dari artikel ini, mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan insight dan kemudian bisa mempermudah serta meningkatkan hasil saat membersihkan lemari pakaian di kemudian hari. – ide.News

Seperti kita ketahui lemari merupakan salah satu perabot rumah yang cukup penting. Banyak sekali fungsi & kegunaan yang dimilikinya guna meringkas tampilan interior rumah.

Seperti untuk menyimpan barang-barang berharga di bawah tumpukan baju sampai pada sekedar untuk hiasan rumah.  Namun yang paling sering adalah pemanfaatan lemari sebagai tempat untuk menyimpan pakaian.

Untuk menjaga agar lemari pakaian tetap awet dan tahan lama perlu ada peran aktif dari Anda untuk menjaganya. Tentu Anda tidak ingin jika lemari pakaian Anda berkerak dan berjamur bukan? Oleh karenanya perlu  action Anda untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Tips membersihkan lemari pakaian agar terhidar dari kerak dan jamur

membersihkan lemari pakaian
membersihkan lemari pakaian

Berikut ini akan kami ulas tentang tips membersihkan lemari pakaian yang bisa Anda terapkan pada lemari pakaian di rumah Anda.

1. Bersihkan setiap kotoran yang menempel sesegera mungkin

Penyebab lemari mengalami jamur, biasanya disebabkan oleh kotoran yang telah lama menempel di sekitar lemari Anda. Bersihkan dengan segera semua kotoran yang terlihat menempel di lemari Anda.

Termasuk bersihkan juga kaca lemari agar tidak mengalami kerak yang membandel lebih banyak lagi. Anda bisa menggunakan kanebo atau kain tebal yang setengah basah untuk mengelap kaca lemari Anda.

2. Berilah parfum khusus untuk lemari Anda

Lemari pakaian yang tidak ada parfum di dalamnya biasanya akan mudah mengalami bau dan jamur. Hal tersebut karena didalam lemari dengan kondisi ruang udara yang sempit oleh pakaian yang menumpuk. Sehingga membutuhkan wewangian untuk menetralisir kondisi yang demikian itu.

3. Untuk  menghindari  lembab bukalah sebentar pintu lemari pakaian Anda setiap hari

Biasanya lemari pakaian rentan mengalami jamur akibat kondisi udara dalam lemari tersebut pengap. Oleh karenanya perlu ada usaha dari Anda untuk membuatnya tidak mudah lembab agar pakaian yang ada didalamnya juga tidak lembab.

Untuk mengatasinya, Anda cukup membuka daun pintu lemari setiap pagi. Hal itu agar udara yang lembab bisa segera keluar dari dalam lemari pakaian Anda dan terganti dengan udara yang baru. Sehingga dengan demikian lemari pakaian Anda akan terhidnar dari potensi lembab.

4. Berilah alas lemari Anda dengan papan kayu/kain tebal

Penyebab lain lemari pakaian mudah menjamur ialah faktor udara dingin dan kelembaban udara yang berasal dari lantai rumah Anda. 

Oleh karenanya untuk mengatasinya, Anda perlu menambahkan papan kayu/kain tebal untuk menjadi alasnya. Dengan adanya alas tersebut maka aliran dinginnya  dari lantai ke lemari pakaian Anda akan berkurang.

5. Jangan biarkan pakaian berceceran dan tidak rapi

Membiarkan pakaian dalam lemari dalam kondisi berceceran dan tidak tertata dengan rapi adalah kebiasaan buruk. 

Usahakanlah untuk selalu menata pakaian Anda agar terlihat rapi. Sehingga agar selain enak dilihat juga akan membuat lemari pakaian Anda terhindar dari jamur.

6. Bersihkan secara rutin

Jadwalkan waktu Anda untuk membersihkan lemari pakaian Anda rutin setiap satu minggu sekali atau setidaknya sebulan sekali. Hal tersebut agar kebersihan lemari pakaian Anda akan terkontrol dengan baik.

Nah, demikianlah tips membersihkan lemari pakaian yang bisa Anda terapkan di rumah Anda. Semoga bermanfaat. (rn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *