Tips Membersihkan Kamar Mandi yang Baik dan Benar

 Ide.News.- Membersihkan kamar mandi bukanlah hal yang sulit. Bahkan terbilang mudah. Akan tetapi, karena dirasa mudah, tidak sedikit orang yang menyepelekannya. Semoga Anda bukan yang termasuk.

Seperti kita ketahui kamar mandi merupakan satu ruangan yang sering menjadi sumber bau. Banyak perabot kamar mandi yang  sering menjadi sumber masalah bau dan kekumuhan. Oleh karenanya Anda tidak boleh melewatkan sedikitpun perkakas kamar mandi yang kotor di dalamnya.

Bagian-bagian kamar mandi harus selalu dijaga kebersihannya. Hindarkan sebisa mungkin dari menempelnya kerak-kerak yang akan membuatnya cepat rusak. Bersihkan secara rutin agar setiap akan membersihkannya pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

Ingat, membersihkan kamar mandi adalah pekerjaan yang menyita waktu Anda. Sehingga penting untuk membuatnya tetap menjadi prioritas Anda, dalam jadwal pembersihan rumah secara keseluruhan.

Bagian-bagian yang harus diperhatikan saat membersihkan kamar mandi

membersihkan kamar mandi
membersihkan kamar mandi

Sebelum membahas tentang bagaimana membersihkan kamar mandi yang benar, kita perlu mengetahui apa saja bagian penting kamar mandi yang harus diperhatikan kebersihannya. Berikut ini kami sajikan ulasannya.

1. Bak mandi

Pastikan bak mandi Anda bersih dari kerak dan lumut yang menempel. Kerak dan lumut yang menempel pada dinding bak mandi membuat air yang ada di dalamnya terlihat kumuh. Kotoran yang mengendap di dasar bak mandi perlu dibersihkan segera.

Hal itu karena Anda tentu tidak tahu kotoran apa saja yang ada disana. Bisa jadi terdapat hewan kecil yang mati dan ikut mengotori dasar bak mandi Anda. Jadi segera periksa dan bersihkanlah.

Menjadikan bak mandi bersih tidak cukup dengan mengandalkan bulu sikat saja. Namun Anda perlu menyediakan cairan pembersih sebagai tambahannya. Gunakan cairan pembersih yang handal untuk mengatasi kerak. Merontokkannya serta membuatnya hilang dalam waku yang singkat.

2. Wastafel

Salah satu bagian penting kamar mandi yang tidak boleh terlupakan adalah wastafel. Meskipun penggunaannya terbilang minimal, namun wastafel tetap memerlukan perhatian khusus dari sisi kebersihannya.

Wastafel berpotensi untuk berkerak jika tidak segera diatasi. Oleh karenanya, sempatkan untuk membersihkan wastafel Anda setidaknya seminggu sekali.

Anda bisa menerapkan metode pembersihan dengan menyiramkan cairan pembersih terlebih dahulu ke dalam lubang dan sekeliling mulut wastafel kemudian dilanjutkan dengan mengelap seluruh bagian dalam dan luarnya.

Setelah Anda pastikan seluruh cairan yang tertuang merata ke seluruh bagian wastafel, Selanjutnya adalah bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

3. Kloset

Membersihkan kloset sangat penting mengingat kloset adalah salah satu bagian dari kamar mandi yang vital. Karena di sanalah sumber bau berasal. Yang terkadang menjadikan suasana ruangan lain Anda kurang sedap jika ada yang tidak beres. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan kebersihan kloset setiap waktu.

4. Kran dan ubin kamar mandi

Menjadi hal penting juga untuk Anda menjaga kebersihan kran kamar mandi. Kran  yang mengalirkan air ke dalam bak mandi harus bersih dari segala bentuk kotoran yang mungkin menyumbat.

Bersihkan juga kran dari kerak yang mungkin menempel pada lubang keluarnya air. Membuat kran mengalir dengan lancar adalah hal yang penting di sebuah kamar mandi. Jadi sebisa mungkin periksalah kran kamar mandi Anda secara berkala. 

Jika model kran di rumah memiliki tutup dengan filter, maka rutinlah membuka tutup dan membersihkan saringannya. Agar supplay air ke dalam bak mandi tidak terhambat oleh kran yang mampet.

Nah demikianlah tips seputar membersihkan kamar mandi yang bisa kami las. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *