7 Tips Ampuh Membersihkan Aquarium Sendiri di Rumah

Membersihkan aquarium tidak akan ribet. Ini jika dibandingkan dengan membuat hiasan aquarium itu sendiri. Masalahnya, jika salah dalam melakukan perawatan, tumbuhan dan ikan hiasnyapun bisa bermasalah. Ide.News

Apakah Anda termasuk yang hobi memelihara ikan hias dirumah? Berapa kali Anda membersihkan aquarium Anda dalam seminggu? Tentu Anda akan mengalami saat dimana Anda melihat aquarium Anda sangat kotor dan perlu segera dibersihkan. Dan mau tidak mau Anda harus segera mencari cara membersihkan Aquarium yang terbaik.

Salah satu yang penting dalam membersihkan aquarium adalah agar jangan sampai ikan hias yang ada tidak mengalami stress. Oleh karenannya diperlukan tips khusus membersihkan aquarium yang benar, agar tidak menyebabkan masalah baru.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan aquarium yang berkerak, banyak lumut dan sebagainya. Artikel ini akan mengulasnya untuk Anda.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak membersihkan aquarium

Sebelum Anda mulai membersihkan aquarium langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Selain itu Anda harus mengerti bagaimana caranya menguras air akuarium agar tidak sampai membuat ikan hias Anda mengalami stress. 

membersihkan aquarium sendiri
Belajar membersihkan aquarium sendiri

Berikut penjelasan lebih detailnya.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Sebelum melakukan pekerjaan apapun tentu kita membutuhkan  perlengkapan/alat yang akan dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sama halnya dengan membersihkan aquarium. Tentunya Anda memerlukan peralatan yang harus ada untuk menunjang suksesnya penyelesaian pekerjaan tersebut.
 
Diantara peralatan yang harus disiapkan untuk menyelesaikan pekerjaan membersihkan aAuarium adalah : ember, kain lap, spons, cuka, cairan pembersih kaca, penyedot dan pemutih.

2. Mematikan aliran listrik menuju aquarium

Penting untuk diperhatikan bahwa ketika hendak membersihkan aquarium adalah Anda tidak boleh lupa dengan aliran arus listrik yang menuju aquarium Anda.

Karena akan sangat berbahaya jika tidak arus listrik yang ada tidak dimatikan terlebih dahulu sementara akuarium merupakan bak penampungan air.

3. Gunakan air tawar yang bersih dalam ember untuk penampungan sementara ikan hias Anda

Sebelum menguras airnya, Anda harus memindahkan ikan yang ada terlebih dahulu bukan? Usahakan dalam memindahkan ikan tidak dilakukan dengan terburu-buru. Karena hal itu hanya akan membuat ikan menjadi stress. Akan tetapi lakukanlah pemindahan ikan dengan hati-hati dan pelan-pelan saja.

4. Kuras air yang ada di dalam aquarium dengan penyedot

Fungsi  penyedot adalah untuk mempercepat pengurasan air sekaligus agar kotoran yang ada di dasar akuarium bisa ikut terbawa keluar.

Anda juga bisa mengaplikasikan spons untuk membersihkan sisa air dan kotoran yang mengendap di dasar akuarium.

5. Gunakan pembersih kaca untuk membersihkan kerak pada dinding aquarium

Gunakanlah pembersih kaca atau sejenisnya untuk mengangkat kerak-kerak yang menempel pada dinding akuarium. Baik dinding dalam maupun luar.

Biasanya kerak akan menempel dengan sangat kuat dan akan menyulitkan Anda dalam melakukan pembersihan.

Oleh karena itu untuk kedepannya usahakan untuk membersihkan aquarium secara rutin sehingga tidak akan mempersulit pekerjaan Anda lagi di kemudian hari.

6. Lakukan penggantian air aquarium yang baru dengan air yang bersih dan jernih

Setelah keseluruhan bagian akuarium dibersihkan, tentu Anda perlu mengembalikan akuarium pada kondisi sebelumnya ke dalam akuarium.

Gunakan air pengganti yang bersih dan jernih. Hal tersebut agar nantinya tidak mengganggu kesehatan ikan hias Anda serta mencegah ikan hias Anda stress.

Demikianlah tips membersihkan aquarium yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *