Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Sendiri Tanpa Tukang

Memasang stop kontak dan saklar tanpa bantuan tukang bukanlah hal yang rumit. Kesulitan jelas ada, tetapi bukan mustahil kita bisa mengerjakannya sendiri. – ide.News

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak peralatan elektronik rumah yang membutuhkan daya listrik. Namun sayangnya sistem kelistrikan dalam rumah seringkali kurang dipahami dengan baik oleh pemilik rumah.

Sehingga tidak sedikit orang yang angkat tangan saat terjadi masalah-masalah kelistrikan dalam rumah. Terlebih lagi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan/kerusakan yang menuntut pemilik rumah harus segera memperbaikinya.

Salah satu komponen kelistrikan yang sering dijumpai adalah stop kontak dan saklar. Kedua komponen ini kerap kali menjadi barang yang paling sering dipakai.

Misalnya saja, stop kontak yang merupakan media penghantar listrik untuk menghidupkan berbagai macam peralatan elektronik yang ada di rumah. Dan saklar yang memiliki fungsi vital sebagai tombol on/off lampu rumah, dan sebagainya.

Kiat aman memasang stop kontak dan saklar di rumah tanpa tukang

memasang stop kontak
Memperbaiki dan Memasang Stop Kontak Sendiri

Sebelum membahas tentang kiat aman dalam memasangnya, terlebih dahulu perlu kita ulas mengenai apa itu stop kontak dan saklar.

Stop kontak

Stop kontak merupakan salah satu komponen kelistrikan dalam rumah yang sering sudah sangat familiar. Bentuknya kotak/balok dengan sepasang lubang dan jumlah yang bervariasi.

Dengan kata lain stop kontak ialah tempat steker menancap. Ada dua jenis stop kontak berdasarkan pemasangannya, yaitu stop kontak yang biasa dipasang di tembok dan stop kontak yang langsung menyambung dengan kabel tanpa ditempel di tembok.

Stop kontak yang menempel di tembok sering kita jumpai di rumah-rumah. Sementara stop kontak berkabel biasanya akan menggantung di tempat-tempat tertentu.

Dan biasanya stop kontak seperti ini dimanfaatkan sebagai stop kontak portable atau roll (stop kontak gulung) yang bisa dibawa kemana-mana.

Kegunaan stop kontak yang vital yakni sebagai komponen tempat sumber arus membuatnya penting untuk diperhatikan sistem pemasangannya. Yang sering menjadi kendala bagi sebagian orang dan mungkin juga termasuk Anda adalah perbaikannya.

Sebagian besarnya tidak tahu bagaimana memperbaiki dan memasang stop kontak ketika kondisi darurat dan ingin mengatasinya sendiri.

Phobia tentang bahaya listrik menjadi momok utama keterampilan tersebut muncul. Padahal hal tersebut bisa diatasi apabila Anda melakukannya dengan prosedur yang benar.

Stop kontak sebagai sumber listrik tentu akan berbahaya jika dalam penanganannya dilakukan secara sembarangan. Oleh karenanya perlu ada pemahaman tentang pentingnya prosedur paling aman dalam memasang stop kontak yang benar.

Misalnya ketika Anda ingin memperbaiki dan memasang stop kontak pada tembok bagamana cara memasang stop kontak di tembok yang benar?

Berikut ini akan kami ulas sedikit tentang bagaimana prosedur paling aman agar melakukannya, sebagai berikut.

Prosedur Memasang Stop Kontak

1. Matikan liran listrik dari kwh meter atau MCB

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan sebelum menagani perbaikan kelistrikan rumah adalah memastikan bahwa aliran listrik di rumah Anda sudah mati. 

Hal ini juga berlaku saat kita mau memperbaiki atau memasang stop kontak, saklar bahkan sekedar untuk mengganti lampu rumah. Ini wajib dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Caranya bisa Anda lakukan dengan mematikan sumbernya dari KWh meter atau juga MCB di rumah Anda. Sekali lagi, hal ini penting demi keamanan dan keselamatan Anda saat bekerja dengan komponen kelistrikan rumah.

Anda bisa mengecek aliran listrik di rumah Anda dengan tespen. Seperti Anda ketahui bahwa tespen berfungsi untuk memeriksa ada/tidaknya arus pada titik tertentu.

Jangan lupa juga untuk memberi isyarat kepada anggota keluarga di rumah agar tidak menyalakan listrik terlebih dulu sebelum pekerjaan Anda selesai.

Bila perlu Anda bisa menuliskan memo bertuliskan “dilarang menghidupkan listrik untuk sementara, sedang ada perbaikan”, tempellah pada bagian kwh meter atau MCB tembok rumah Anda.

2. Bongkarlah stop kontak dengan obeng.

Setelah aliran listrik dipastikan mati, selanjutnya bongkarlah bagian dalam stop kontak. Biasanya stop kontak diperkuat dengan baut plus jadi gunakanlah obeng plus untuk membukanya.

Setelah stop kontak terbuka, selanjutnya pasanglah kabel yang akan menghubungkan stop kontak dengan sumber utama kelistrikan rumah Anda.

Sebaiknya pilihlah kabel dengan kualitas yang baik. Kabel berkualitas baik akan awet dan tahan lama serta akan mengurangi potensi terjadinya korsleting listrik.

3. Sambungkan kabel dengan benar

Selanjutnya sambungkan kabel yang akan Anda gunakan untuk menyambungkannya. Caranya dengan membuka bagian dalam kabel kemudian ikatkan pada masing-masing penambat. Pastikan kedua kabel tersebut tidak saling bersinggungan.

4. Tutup kembali rangka stop kontak

Langkah terakhir adalah memasang tutup stop kontak dengan mengencangkan bautnya. Setelah itu pasanglah kembali pada tempat stop kontak tersebut sebelumnya.

Itu tadi 4 poin penting terkait mengganti / memasang stop kontak. Kita lanjutkan tentang pemasangan saklar.

Saklar

Saklar sebagai tombol pemutus arus untuk menagatur hidup mati lampu. Saklar biasanya terdiri dari dua jenis, yakni saklar yang menempel pada dinding dan yang langsung terhubung dengan kabel yang menggantung.

Untuk jenis saklar yang biasanya berada di area rumah adalah jenis saklar dinding sebagai tombol on/off pada lampu. Jika saklar Anda mengalami kerusakan Anda bisa memperbaikinya dengan memanggil tukang reparasi.

Namun jika Anda merasa mampu memperbaikinya sendiri sementara terkendala dengan ketidaktahuan Anda tentang bagaimana caranya, berikut akan kami ulaskan untuk Anda. 

Cara memasang Saklar

1. Buka dudukan saklar

Sama halnya dengan stop kontak, saklar juga memiliki dudukan yang diperkuat dengan baut. Jadi pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuka baut yang ada pada dudukan saklar terlebih dulu dengan obeng plus.

2. Periksa sambungan

Periksalah penyebab kerusakan saklar apakah pada kabel yang putus atau justru lampunya. Jika kabel pada sambungan saklar yang putus atau korslet, Anda bisa memperbaikinya dengan cara menggantinya dengan kabel yang baru dan menyambungkannya kembali. Jika kerusakan terjadi pada lampu cukup dengan mengganti lampu tersebut.

3. Pasang kembali

Jika kabel sudah terpasang dengan baik selanjutnya pasanglah kembali baut saklar dengan baik. Nah demikianlah ulasan tentang cara memasang stop kontak dan saklar tanpa bantuan tukang. Semoga bermanfaat (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *