Mengetahui Sisi Baik dan Buruk Gadget untuk Anak Usia Dini

Mengetahui sisi positif dan sisi negatif penggunaan gadget untuk anak usia dini, sangatlah penting. Terlebih bagi Anda yang ingin meningkatkan perannya sebagai orang tua yang lebih aware terhadap tumbuh kembang anak. – ide.news

Seperti kita ketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi seperti sudah tidak bisa dibendung lagi. Banyak produk-produk baru hasil cipta teknologi modern bermunculan. Bahkan saat ini hampir semua orang di seluruhh dunia memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk mempermudah kehidupan mereka.  

Salah satu produk teknologi yang seperti tak pernah surut adalah gadget. Gadget dianggap sebagai salah satu alat komunikasi tercanggih saat ini.

Bahkan fungsinya yang tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi, membuatnya memiliki peminat yang jauh lebih luas. Penggunanya menjangkau seluruh kalangaan dari orang tua sampai anak-anak.

Hal baik dan buruk penggunaan gadget untuk anak

gadget untuk anak usia dini
gadget untuk anak usia dini

Penggunaan gadget untuk anak memang tidak selamanya soal sisi buruk. Namun gadget juga setidaknya mampu memberikan dampak baik untuk tumbuh kembang anak. Lalu apa saja sisi baik dan buruk penggunaan gadget untuk anak? Artikel ini akan mengulasnya untuk Anda sebagai berikut.

1. Sisi buruk gadget untuk anak

Yang pertama akan kita bahas adalah sisi buruk gadget untuk anak usia dini terlebih dahulu. Akhir-akhir ini banyak orang tua yang mempercayakan anak mereka dengan sebuah gadget. Baik untuk membuat si kecil diam saat berada di tempat-tempat tertentu, ataupun sekedar memberinya hiburan.

Tanpa memperhatikan dampak apapun terhadap anak. Pada hakikatnya penggunaan gadget untuk anak di bawah usia 3 tahun pada khususnya, memang dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan sosio-emosional anak.

Perkembangan otak yang sedang dalam masa emas menjadi terganggu dan kurang tanggap terhadap suatu kejadian disekitarnya. Sebagai orang tua Anda harus membatasi meninggalkan gadget sebagai alat bermainnya. 

Sebaliknya perbanyaklah interaksi tatap muka dengannya guna membantu perkembangan si kecil ke arah yang jauh lebih baik.

Seperti diketahui bahwa perkembangan sosial emosional sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anak dimasa mendatang. Jadi, jangan abaikan kesempatan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengannya.

Mulai saat ini hindari menenangkan anak menangis dengan iming-iming gadget. Hal tersbut agar anak benar-benar meras dekat dengan Anda dan bukan dengan gadget yang dimainkannya.

2. Sisi baik gadget untuk anak

Pada dasarnya penggunaan gadget untuk anak tidak selamanya soal sisi buruk semata. Ada hal-hal baik yang bisa didapat dari penggunaan gadget kepada anak itu sendiri. 

Sisi positifnya, gadget diprediksi akan terus berkembang. Hal itu akan bermanfaat untuk nya. Membuatnya mengenal lebih dini tentang teknologi jenis ini. Menjadikannya terbuka dan bisa mengembangkan keterampilannya tentang dunia gadget. Dibandingkan dengan anak yang tidak pernah memegang gadget saat masa kecilnya. 

Anak dengan pengenalan gadget sejak dini akan berguna terhadap pemahamannya tentang teknologi di masa mendatang.

Tugas Anda sebagai orang tua adalah memonitor penggunaan gadget pada anak Anda. Jadikan gadget sebagai sumber pengetahuan anak.

Dampingi ia untuk menggunakan gadget secara maksimal untuk menambah wawasan.  Dengan begitu segala sisi buruk penggunaan gadget untuk anak dapat terminimalisasi dengan baik.

Pada intinya munculnya dampak baik dan buruk gadget untuk anak memerlukan peran vital Anda sebagai orang tua. Bagaimana Anda sebagai orang tua memberikan edukasi kepada sang buah hati dengan cara yang berbeda. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *