Demi Keamanan, Beginilah Cara Mendesain Tangga Rumah yang Benar

Mendesain tangga rumah wajib direncanakan. Dengan perencanaan yang baik, maka tangga bisa berfungsi dengan semestinya, tanpa merusak estetika dan desain rumah idaman Anda.

Tidak sedikit orang yang dalam membangun sebuah rumah seringkali sekedar mempercayakan segala sesuatunya pada arsitek saja. Padahal sebagai pemilik rumah Anda juga harus berperan dalam menentukan tampilan rumah Anda nantinya.

Hal ini penting terutama jika rumah Anda adalah rumah bertingkat. Soal keamanan dan kenyamanan haruslah menjadi prioritas utama Anda.

Bicara tentang rumah tingkat, tentu tidak bisa dipisahkan dari peran tangga. Perencanaan desain tangga rumah yang baik pada rumah tingkat, akan berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan pemilik rumah.

Oleh karenanya perencanaan pembuatan tangga harus menjadi perhatian yang utama di samping hal-hal penting lainnya.

Tahapan Mendesain Tangga Rumah Agar Aman dan Nyaman

contoh desain tangga rumah yang elegan, aman, nyaman
contoh desain tangga rumah yang elegan, aman, nyaman

1. Rencanakan ruang yang terhubung

Pembuatan tangga rumah wajib berhitung. Menganalisa ruangan yang akan terhubung dengan tangga yang akan dibuat merupakan hal yang sangat penting.

Diantaranya adalah dengan memperhatikan siapa yang akan menempati ruangan tersebut. Dari situ Anda bisa menyesuaikan bentuk, ukuran dan desain terbaik sesuai dengan kondisi yang ada.

2. Buatlah dengan ukuran yang aman

Selain memperhatikan siapa yang akan menempati ruang yang akan dijangkau dengan tangga tersebut. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah mengatur ukuran yang paling aman untuk semua anggota keluarga.

Lalu berapa ukuran anak tangga yang nyaman? Ukuran tangga rumah yang lazim digunakan ialah dengan panjang 90 cm, lebar 25-30 cm dan tinggi 15-18 cm.

Ukuran-ukuran tersebut termasuk ukuran yang paling aman terutama jika di rumah Anda ada anak kecil.

3. Lebih landai lebih baik

Merencanakan kemiringan tangga adalah hal yang cukup penting guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya jika memang di rumah Anda ada anak kecil yang berpotensi bermain di area tangga, Anda bisa merencanakan desain tangga yang lebih landai. Biasanya kemiringannya tangga disebut landai yaitu jika kemiringan berkisar antara 20-24 derajat.

4. Bordes sebagai pengaman

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memberi bordes (area jeda istirahat) pada tangga. Hal ini cukup penting untuk menjaga keamanan pemakai. Jika Anda juga memiliki anak kecil di rumah, maka sebaiknya bordes dibuat denan mempertimbangkan bahan yang tidak cukup keras.

Atau bisa juga dengan melapisinya menggunakan kain atau pelapis yang tebal. Karena kita tahu bahwa bordes juga berguna untuk menghindari pengguna tangga yang terpeleset agar tidak langsung sampai pada ujung tangga.

Untuk ukuran bordes tangga yang baik sekitar 80-120 cm tergantung pada space, panjang tangga dan juga selera Anda.

5. Material anti slip

Keamanan tangga belum lengkap jika belum membicarakan soal material/bahan yang digunakan. Untuk menunjang keamanan saat mengakses tangga adalah dengan memilih bahan anti slip sebagai materialnya. Bahan anti slip berguna untuk mengurangi potensi terpeleset saat mengakses tangga.

Demikianlah cara mendesain tangga rumah agar aman untuk seluruh anggota keluarga. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam membuat tangga rumah yang aman dan nyaman saat digunkan. Semoga bermanfaat (rn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *